Pelajari Keberhasilan CD Adaro Indonesia, ITM Gelar Comparative Study

Kamis, 31 Januari 2019 – 21:56 WIB
PT Indo Tambangraya Megah (ITM) Tbk menggelar comparative study corporate social responsibility (CSR) yang diikuti oleh 32 community development officer (CDO). Foto: Istimewa

jpnn.com, BANJARMASIN - PT Indo Tambangraya Megah (ITM) Tbk menggelar comparative study corporate social responsibility (CSR) yang diikuti oleh 32 community development officer (CDO) dari enam anak perusahaan yang difasilitasi oleh CFCD pada 29 Januari hingga 1 Februari 2019.

Hal itu dilakukan untuk melihat secara langsung keberhasilan community development yang dilakukan oleh PT Adaro Indonesia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Bukti Nyata PT IMM Tingkatkan Kualitas BUMDes

CD Head PT ITM Giwa Giwangkara mengatakan, dalam agenda itu juga dibahas penerapan program CD dengan strategi perusahaan.

“Yang utama ialah dalam hal kesiapan mine closure atau penutupan tambang dan pengelolaan risiko sosial,” kata Giwa.

BACA JUGA: 30 CSR Officer dari 17 Perusahaan Ikut Pelatihan CFCD

CD Head PT Kitadin Bambang Kawuryan sebagai salah satu perwakilan CDO mengatakan, meeting tahunan bisa menyegarkan kembali para peserta dalam memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi pertambangan melalui dana CSR yang dikelola dengan baik.

Sebab, acara itu juga dilanjutkan dengan menyambangi instalasi pengolahan air limbah bekas pertambangan, unit pembibitan berbagai jenis tanaman, dan unit pengolahan biodiesel yang masih berada di area PT Adaro Indonesia.

BACA JUGA: CFCD Tuan Rumah International Open Forum On ISO 26000

Dia menambahkan, pihaknya juga akan membantu masyarakat dengan membuat program pengadaan air bersih di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Hal itu merupaka hasil kerja sama dengan Kementerian Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, serta berbagai stakeholder lainnya.

Mereka berlandaskan kepada penerapan ISO 26000 (CSR) dan ISO 31000 (risk management).

“Ini untuk menghidupkan kembali lahan bekas tambang menjadi lahan pertanian, perikanan dan peternakan,” ujar Bambang.

CD head PT TCM Herlando menjelaskan, acara itu secara langsung juga akan membuat CD officer lebih paham akan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam mengimplementasikan program community development di tengah-tengah masyarakat.

“Ke depannya dengan pelaksanaan meeting tahunan yang dilanjutkan dengan comparative study CSR program, PT TCM di bawah naungan PT ITM akan terus berbenah dan belajar dari kesuksesan-kesuksesan community development yang telah dijalankan oleh perusahaan besar-perusahaan besar,” ujar Herlando.

Dia menambahkan, pihaknya akan berusaha mengadopsi keberhasilan pengelolaan dana CSR dalam memberdayakan masyarakat, khususnya di bidang ekonomi, pendapatan real, dan tenaga kerja yang didapat dari comparative study CSR. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... CFCD Akan Gelar ISDA Sampai 2030


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler