Pelaku Bisnis Harus Tahu Aplikasi-Aplikasi Bermanfaat Ini

Rabu, 18 Mei 2022 – 09:28 WIB
Belajar bisnis online. Foto: dok Majoo

jpnn.com, JAKARTA - Perkembangan bisnis dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Oleh karena itu, pelaku bisnis tentunya wajib mengikuti perkembangan zaman untuk bisa bertahan atau mengembangkan bisnisnya.

Ketika sebuah bisnis pada suatu bidang mengalami kebangkrutan maka bidang yang sama akan muncul tetapi dalam bentuk yang berbeda.

BACA JUGA: Bisnis Pakaian Sedang Naik Daun, Ternyata Ini Rahasia Merek Fesyen Lokal

Biasanya mereka akan menawarkan sebuah inovasi yang baru meski dengan bidang yang sama.

Untuk mendapatkan pengalaman atau ilmu pengetahuan bisnis yang baru biasanya di dapatkan dalam seminar-seminar bisnis yang membahas suatu topik atau materi bisnis yang mendatangkan ahli atau orang yang memiliki pengalaman sukses.

BACA JUGA: Solos Hadirkan Solusi untuk Transformasi Bisnis Freelance

Namun, sekarang ini biasanya dalam bentuk webinar gratis maupun berbayar yang mana penyelenggara akan mengadakan event yang bertemakan materi atau topik bisnis yang umumnya memiliki keterkaitan dengan kemajuan teknologi.

Misalnya, karena kemajuan teknologi sekarang ini, maka perubahan perdagangan atau transaksi sudah tidak konvensional lagi yang mana pembeli dan penjual bertemu langsung.

BACA JUGA: TokoTalk Meluncurkan Fitur Baru Cocok untuk Belajar Bisnis Online

Nah sekarang sedang tren belanja online atau bisnis online.

Hal tersebut tentu tidak akan berpengaruh ketika kamu menggunakan strategi bisnis secara konvensional.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan terkait dengan bisnis online, digital marketing, promosi online.

Sarana webinar inilah yang akan menjembatani antara ahli yang menguasai materi tersebut dengan peserta yang membutuhkan ilmu tersebut sehingga pada akhirnya pelaku bisnis bisa menguasai ilmu bisnis digital atau pemasaran digital.

Tak hanya itu, sarana untuk mendapatkan ilmu bukan saja melakui webinar atau seminar online.

Kamu juga bisa mendapatkan ilmu-ilmu bisnis melalui buku. Namun karena perkembangan teknologi kini pelaku usaha tidak lagi harus membuang-buang waktu menghabiskan di toko buku hanya untuk mencari pengetahuan bisnis.

Sekarang ini pelaku bisnis bisa mendapatkan pengetahuan bisnis dalam bentuk e-book.

Pelaku bisnis cukup download e-book gratis pada sebuah website yang memang memberikan bimbingan atau tutorial  bisnsi baru.

Misalnya di majoo.id website yang menjual aplikasi kasir menyediakan ebook gratis untuk kamu yang memiliki akun di website tersebut.

Bagi yang memiliki akun di Majoo Indonesia, maka kamu selain bisa mengunakan berbagai aplikasi bisnis.

Seperti aplikasi kasir, aplikasi karyawan, aplikasi owner, akutansi , ivetori, hingga analisa bisnis. Di sana juga terdapat kelas bisnis.

Dalam kelas bisnis tersebut, mereka menyajikannya dalam bentuk webinar yang diisi  oleh orang-orang yang memiliki kredibilitas terpercaya terkait bidang bisnis yang dikuasainya.

Bahkan beberapa ebook tentang bisnis dapat kamu download langsung.

Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Bisnis

Ada ungkapan bahwa, untuk sukses berbisnis di usia muda harus melek teknologi. Anggapan ini menandakan bahwa, setiap generasi muda harus tahu seluk beluk teknologi pada masanya.

Kemajuan teknologi akan membuat banyak perubahan terhadap gaya berbisnis. Dampak perkembangan teknologi bagi bisnis antara lain :

• Pertukaran dan penyampaian sebuah informasi menjadi lebih mudah dan cepat karena bisa saling diintegrasikan.

• Mempercepat proses produksi dan distribusi.

• Membantu alur kerja perusahaan yang lebih mudah dan terkontrol

• Memudahkan setiap manajemen dan divisi yang ada di perusahaan dalam mempertanggungjawabkan tugas dan kewajibannya

• Mendukung kegiatan operasional perusahaan

• Memastikan keamanan dan menghindari kesalahan, baik yang bersifat teknis maupun human mistakes.

• Mempermudah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, kompetitor, selera konsumen, dan target pasar.

Perkembangan informasi dan teknologi memang telah banyak membantu setiap pihak yang terlibat di dalam perusahaan karena bisa memudahkan pekerjaan. Teknologi juga memungkinkan pekerjaan bisa dikerjakan dengan cepat dan selesai tepat waktu.

Meski demikian, setiap perubahan teknologi bisa memberikan dampak positif maupun negatif sehingga perusahaan harus berusaha untuk mengatasi dampak negative yang akan terjadi. Karena sederhananya teknologi merupakan alat yang memiliki sistem yang bisa mengalami eror.

Meski demikian, sekarang ini kemajuan teknologi juga menciptakan ketergantuangan baru dalam sebuah bisnis. Hal ini tidak berbeda ketika masyarakat modern yang tinggal di kota memiliki ketergantungan dengan listrik.

Ketika listrik padam, maka akan banyak aktivitas yang terganggu, misalnya tidak memiliki air, karena sumber air mengunakan pompa listrik, tidak bisa memasak nasi, tidak bisa produksi ketika kamu memiliki usaha.

Hal ini itu juga bisa terjadi dalam dunia bisnis. Kemajuan teknologi bisa membuat sebuah bisnis berhenti produksi, jika teknologi yang digunakan mengalami errors, maka seluruh aktivitas dalam alur kerja akan terhenti.

Perusahaan tidak bisa mencari solusi alternatif agar aktivitas di dalam perusahaan bisa terus berjalan.

Selain itu, kesalahan dalam pemanfaatan teknologi justru akan menyebabkan pemborosan terhadap anggaran yang dimiliki perusahaan. Ketergantungan terhadap teknologi harus bisa diatasi dengan prinsip dan etika bisnis yang benar.

Pemanfaatan teknologi saat ini hampir merambah ke seluruh bagian di dalam perusahaan.

Termasuk bagian akunting atau keuangan perusahaan yang tidak bisa dilepaskan dari teknologi.

Software program akuntansi merupakan teknologi terbaru untuk membantu divisi keuangan dalam membuat laporan keuangan, pembukuan, jurnal, neraca, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan keuangan usaha.

Untuk itu, Majoo memberikan keamanan data ketika teknologi informatikanya dalam bentuk aplikasi mengalami error.

Teknologi yang diberikan juga memberikan fitur-fitur yang mudah dimengerti sehingga sangat cocok untuk setiap orang yang menggunakannya.

Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bisnis

1. Melakukan Pengukuran Kinerja Setiap Tahun

Perkembangan bisnis dapat diketahui dengan cara menilai bisnis secara keseluruhan. Mulai dari unit manajemen, produksi, keuangan, hingga pemasaran.

Semuanya harus dikoreksi secara menyeluruh untuk mengetahui ukuran kinerja yang sudah dilakukan selama periode tertentu.

Penilaian atau pengukuran kinerja bisa dijadikan sebagai pedoman untuk memperbaiki performa perusahaan di masa yang akan datang. Sekarang ini, hal tersebut sudah bisa dilakukan oleh aplikasi bisnis sehingga tidak membuang waktu dan biaya.

Melalui teknologi yang berbentuk aplikasi maka operasional bisnis dapat dicatat atau direkam secara real time.

Pemilik usaha juga tidak harus memantau setiap harinya terhadap kinerja perusahaan karena aplikasi juga bisa mengetahui berapa banyak bahan baku yang tersedia, stok barang produksi yang ada, dll.

 

2. Membentuk Tim Kerja yang Baik

Dari kemajuan teknologi tersebut, maka pelaku bisnis juga bisa membangun tim kerja yang baik dan efisien.

Para pelaku bisnis tidak hanya manajer atau CEO, tapi juga para karyawan. Pertumbuhan bisnis dimotori kedua belah pihak yang memiliki aspek kerja yang berbeda-beda.

Meskipun manajer dan karyawan memiliki jenjang karier yang berbeda, keduanya harus mampu bekerja secara tim untuk menciptakan keserasian kerja.

Jangan ragu untuk memberikan pelatihan dan introduksi kepada para karyawan sebelum memulai tugas.

 

3. Memproduksi Produk yang Berkualitas

Tidak bisa dimungkiri, kualitas produk menjadi komponen penting dalam perkembangan bisnis.

Inilah sebabnya kenapa sebuah bisnis harus mampu memproduksi produk yang berkualitas untuk dijual kepada para konsumen.

Kenapa kualitas produk begitu penting? Sebab kualitas sangat menentukan umur ekonomis sebuah produk.

Apabila produknya berkualitas, produk tersebut otomatis lebih awet dan tahan lama. Kualitas produk pun semakin dibutuhkan pada era modern agar produk mampu bersaing dengan produk lain.

Itulah beberapa pengaruh kemajuan teknologi informatika sekarang ini terhadap perkembangan bisnis sehingga sebagai pelaku usaha mulai menerapkan strategi apa yang cocok agar bisnis dapat berkembang pesat dan meningkatkan keuntungan. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler