Pelaku Bisnis Indonesia Optimistis Menyambut 2021

Rabu, 23 Desember 2020 – 01:17 WIB
Pelaku UMKM mengemas pesanan dodol betawi di pusat pembuatan dodol di kawasan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (14/5). Dodol betawi dijual dengan harga Rp 50.000 - Rp 70.000. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Para pelaku bisnis di Indonesia sangat optimistis menyambut 2021 meskipun masih ada pandemi virus corona (covid-19).

Hal itu terkuak berdasarkan laporan tahunan Grant Thornton International Business Report (IBR) untuk menggambarkan persepsi pelaku bisnis global terhadap perkembangan bisnis dan ekonomi dalam 12 bulan ke depan.

BACA JUGA: Grant Thornton Indonesia: Perlu Strategi Tepat Memulihkan Perekonomian

Sebanyak 79 persen responden meyakini perekonomian akan membaik pada tahun depan.

Angka tersebut naik signifikan dari level 56 persen pada survei IBR di pertengahan tahun 2020.

BACA JUGA: Grant Thornton Indonesia Revitalisasi Kawasan Pantai Muara

Angka ini cukup menggembirakan karena menempatkan pelaku bisnis Indonesia di peringkat kedua dunia setelah Tiongkok terkait optimisme pelaku bisnis secara global.

Grant Thornton International Business Report (IBR) juga menyebutkan 56 persen pelaku bisnis di Indonesia memprediksi pendapatan perusahaan mereka akan naik pada tahun 2021.

Sebanyak 50 persen pelaku bisnis lainnya meyakini kegiatan ekspor perusahaan akan tumbuh positif di tahun depan sehingga mendukung tingginya optimisme bisnis mereka di tahun depan.

CEO Grant Thornton Indonesia Johanna Gani menjelaskan, tahun ini merupakan tahun yang berat bagi hampir seluruh sektor ekonomi.

“Untuk ke depannya, kami melihat pertumbuhan ekonomi akan sangat ditentukan dengan pengendalian pandemi dan efektivitas dari vaksinasi,” ujar dia, Selasa (22/12).

Dia menjelaskan, salah satu kunci lain pemulihan ekonomi adalah menumbuhkan daya beli masyarakat dengan memastikan kelancaran percepatan penyerapan anggaran bantuan sosial dan berbagai stimulus ekonomi untuk mendorong daya beli.

Laporan IBR tahun ini juga memaparkan pandangan pelaku bisnis Indonesia atas pandemi global Covid-19.

Hasil survei menyebutkan 77 persen dari pelaku bisnis Indonesia merasa puas dengan hasil kerja pemerintah Indonesia dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Sebanyak 40 persen dari pelaku bisnis juga berpendapat bahwa kebijakan yang diambil pemerintah cukup seimbang antara penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan perekonomian nasional.

Terkait new normal pada 2021, sebanyak 55 persen dari pelaku bisnis Indonesia meyakini keadaan akan kembali seperti halnya sebelum terjadi pandemi.

Sebanyak 32 persen pelaku bisnis lainnya juga berpendapat akan lebih banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan working from home (WFH) untuk pekerja mereka setelah hampir setahun ini melihat efektivitas dari kebijakan tersebut. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler