Pelari Top Dunia Ikut Berlaga

Sabtu, 26 Oktober 2013 – 09:10 WIB

JAKARTA - Absennya pelari jarak menengah-jauh pelatnas tak mengurangi atmosfer kompetisi Mandiri Jakarta Marathon (MJM) 2013. Sebagai ganti atlet nasional, para pelari top manca siap turun di MJM kali ini yang dimulai di Monas Minggu (27/10) mendatang.
    
Rencananya MJM ini melombakan empat kategori. Yakni marathon (42,195 kilometer), half marathon (21 kilometer), lari 10 K, dan lari 5 K. Total peserta yang mendaftar mencapai 10 ribu orang di empat kategori itu.

Direktur lomba Jakarta Marathon, Andreas Kansil menuturkan, khusus untuk marathon akan diikuti 1.600 pelari. Dan diantara jumlah tersebut ada 22 pelari internasional yang sering terjun di beberapa even top.

BACA JUGA: Spirit karena Favorit

Dua diantara pelari elite tersebut ialah Stephen Tum (Kenya) dan Markos Geneti (Ethiopia). Tum merupakan juara pertama Marrakech Marathon 2013 beberapa waktu lalu, sedangkan Geneti menjadi peserta yang finish di urutan keenam ajang Boston Marathon tahun ini.

"Mereka merupakan pelari undangan yang kami undang bersama-sama dengan PB PASI untuk mengikuti ajang Jakarta Marathon pertama ini," ujar Andreas.

BACA JUGA: Lagi, Owi/Butet Gagal Juara

Nah, mengenai absennya atlet lari jarak menengah-jauh Indonesia seperti Triyaningsih dan Agus Prayogo disebabkan persiapan menuju SEA Games XXVII Myanmar akhir tahun mendatang.

Wakil Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Paulus Lay menuturkan lomba marathon dan jauh ini membutuhkan masa recovery yang lama usai lomba. Dan satu bulan setengah menuju multi even terakbar di Asia Tenggara itu waktu yang cukup mepet.

BACA JUGA: Sang Loyalis Jadi Bimbang

Sementara itu, Kepala Bidang Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya menyiapkan sekitar 3.600 personel kepolisian yang terdiri dari Sabhara, intel, reserse, dan polantas untuk mengamankan rute lari Jakarta-Marathon Minggu mendatang. (dra)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fabio Ajak Taufiq-Andik Temui Arifin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler