Pelatih Sarankan Main di Belakang Striker

Senin, 29 Oktober 2012 – 08:42 WIB
MASUKNYA Arthur Irawan bisa menjadi opsi bagus bagi peltih Nil Maizar. Bukan hanya karena pengalamannya bermain di Segunda Division B Liga Spanyol, tapi juga karena kemampuannya bermain di beberapa posisi.

Pemain kelahiran Surabaya tersebut mengakui, saat bermain di tim Espanyol B dirinya kerap dipindah dari posisi aslinya. Posisi asli Arthur ketika pertama kali bergabung dengan Espanyol B adalah gelandang.

Namun, dalam perjalanannya di Espanyol B, Arthur merasakan beberapa posisi berbeda. Sang pelatih Raul Longhi "mencoba menempatkannya menempatkannya di posisi bek kanan. Dalam pertandingan lainnya, Arthur dipercaya menempati posisi bek kiri.

"Bagi saya bermain di kiri atau di kanan tidak masalah. Yang terpenting saya bisa membantu rekan-rekan saya untuk menyerang dan juga bertahan mencegah gawang kami agar tidak kebobolan," papar Arthur dalam blog-nya.

"Saya senang melihat pemain seperti Marcelo (Real Madrid) dan Dani Alves (Barcelona). Mereka bisa bermain dengan baik, membantu serangan dan bertahan juga dengan bagus," tambahnya.

Di lain kesempatan, Arthur oleh pelatih Rail Longhi juga pernah diposisikan sebagai gelandang. Bahkan, dalam skuad resmi tim Espanyol B yang dicantumkan di situs resmi klub, Arthur ditulis sebagai gelandang. Pemain bernomor punggung 21 tersebut juga sempat mendapatkan pujian dari sang pelatih Raul Longhi.

Terkait sikap pelatih yang kerap merotasinya, Arthur justru merasa senang. Sebab, lanjut dia, dengan usia yang masih 19 tahun dan bermain di klub yang kompetitif, dirinya mendapatkan banyak pelajaran.

"Saya akan terus banyak belajar. Saya jadi mengerti bagaimana harus menempatkan diri, harus bagaimana jika bermain di posisi-posisi yang dipercaya pelatih. Saya menikmatinya. Saya mendapat banyak pelajaran," terang pemain yang direkrut Espanyol dari klub amatir Inggris, Lytham Town itu.

Jika membela tim AFF, Arthur menyampaikan pesan pelatihnya bahwa dia sebaiknya ditempatkan sebagai pemain yang beroperasi di belakang striker. Alasan sang pelatih, Arthur memiliki ketenangan saat mengontrol bola dan berbahaya saat berada di sekitar area kotak penalti.

Karena itu, kehadiran Arthur harusnya bisa menjadi opsi tersendiri bagi Nil untuk meramu timnya. Meski demikian, menanggapi komposisi timnya, Nil sebelumnya menegaskan akan tetap melakukan seleksi terhadap pemain yang dipanggil.

"Kami tetap akan melihat lagi, akan menyeleksinya. Siapa yang layak masuk tim inti untuk dibawa ke AFF nanti. Meskipun dia bermain di luar negeri," ucapnya. (aam/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belum Dikontrak, Pemain Ogah Uji Coba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler