Pelayanan di RSUD Mapi dan Asmat Mencerminkan Keberhasilan Pemanfaatan Dana Otsus

Sabtu, 04 Maret 2023 – 09:00 WIB
Anggota DPR RI Yan Mandenas dari Dapil Papua saat mengunjungi RSUD Kabupaten Mapi dan Asmat pada Jumat (3/3). Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Yan Mandenas memberikan apresiasi kepada Kabupaten Mapi dan Asmat di Provinsi Papua Selatan dalam pemanfaatan dana Otonomi Khusus (Otsus) di bidang kesehatan.

Dia menilai pelayanan di RSUD Kabupaten Mapi dan Asmat mencerminkan keberhasilan pemimpin daerah tersebut mengelola dana Otsus dengan tepat.

BACA JUGA: Jenderal Dudung: Bintara Otsus Papua Harus Hadir Menjadi Solusi

Dua RSUD tersebut dinilai layak dalam hal pelayanan serta fasilitas penunjang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya rasa ini dua Rumah Sakit yang terbaik dari kunjungan saya kali ini. Dua RSUD ini akan menjadi contoh rumah sakit yang terbaik yang ada di Papua Selatan maupun wilayah Papua,” ujar Yan Mandenas seusai mengadakan kunjungan ke dua RSUD itu pada Jumat (3/3/2023).

BACA JUGA: KKB Disebut Menikmati Dana Otsus Papua, Sultan Minta Pemerintah & BPK Berikan Penjelasan

Keberhasilan ini, menurut Mandenas patut diberikan penghargaan. Teknisnya dia mengharapkan kepada pemerintah pusat agar menambah dana Otsus mereka tahun depan lantaran sukses memanfaatkan dana Otsus untuk kesejahteraan masyarakat melalui bidang kesehatan.

“Mapi maupun Asmat nantinya akan kami evaluasi karena keberhasilan mereka memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakatnya melalui bidang kesehatan. Pengharagaan untuk penambahan dana Otsus akan kita usulkan sehingga menjadi motivasi bagi para pemimpin daerahnya," ucap Yan Mandenas seperti dilansir JPNN Papua pada Jumat (3/3) malam.

Bupati Asmat Elisa Kambu menyebutkan pihaknya terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan rumah sakitnya.

Ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi seperti alat kesehatan serta ruangan lain. Selain itu juga rumah sakit mereka sangat membutuhkan tenaga Dokter spesialis yang hingga kini belum ada.

"Jika ada Dokter spesialis maka pasien yang datang bisa ditangani tanpa harus di rujuk. Sampai saat ini kami berharap ada Dokter spesialis yang mau bekerja di sini,” katanya.

Kambu mengakui urusan masyarakatnya selalu dinomor satukan sehingga kesehatan sangat diperlukan.

Jika masyarakatnya sehat dengan gizi yang cukup maka warganya akan produktif bekerja membangun daerahnya.

"Jika masyarakatnya sehat pasti akan pintar dan cerdas sehingga mereka akan produktif. Sehingga Kesehatan paling penting kemudian pendidikan dan gizi menjadi prioritas utama kami," ujar Kambu.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler