Pelayaran Perdana KMP Aceh Hebat 1, Tingkat Keterisian Penumpang 60 Persen

Rabu, 10 Maret 2021 – 05:01 WIB
Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: Antara

jpnn.com, CALANG - Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepas keberangkatan perdana penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 dari Pelabuhan Calang Aceh Jaya ke Simeulue.

Nova bersyukur karena dalam pelayaran perdana itu tingkat keterisian penumpang KMP Aceh Hebat I cukup tinggi.

BACA JUGA: Kapal Aceh Hebat Ratusan Miliar Jangan Sampai Menjadi Besi Tua

"Alhamdulillah pelayaran resmi perdana ini tingkat keterisian penumpang mencapai 60 persen,” kata Nova Iriansyah.

Nova menyampaikan itu di sela-sela melepas pelayaran perdana KMP Aceh Hebat I di Pelabuhan Calang yang turut dihadiri Bupati Aceh Jaya T Irfan TB, dan didampingi Sekda Aceh Taqwallah, Kadis Perhubungan Aceh Junaidi, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, Senin (9/3).

BACA JUGA: Nova Iriansyah Resmikan Rumah Sakit Simeulue

Pengoperasian KMP Aceh Hebat I dilaksanakan oleh ASDP sesuai dengan skema perjanjian kerja sama yang telah disepakati.

“Kami berharap pihak operator dapat merawat dengan baik kapal tersebut dan tentu ini juga perlu didukung oleh oleh masyarakat untuk tingkat keterisian penumpang,” ungkap Nova.

BACA JUGA: Bupati Aceh Barat Sarankan Ganti Janda Bolong dengan Tanaman Produktif

Dengan publikasi dan sosialisasi yang dilakukan terus menurus terhadap KMP Aceh Hebat I tersebut, jumlah penumpangnya diharapkan akan mendekati 100 persen.

Muhammad Iswanto menjelaskan sebelumnya telah dilakukan uji sandar Kapal Ferry KMP Aceh Hebat 1 ke Pelabuhan Kolok Sinabang, awal Februari 2021. Saat itu Gubernur Nova ikut langsung dalam perjalanan selama 12 jam tersebut.

Kapal Aceh Hebat 1 ini merupakan satu dari tiga kapal ferry ro-ro yang dipesan dari tiga galangan berbeda sejak Oktober 2019 lalu. Kapal ini merupakan yang terbesar, dan jarak tempuhnya juga cukup jauh.

KMP Aceh Hebat 1 dioperasikan untuk mengarungi Perairan Aceh yang menghubungkan kawasan pantai barat-selatan Aceh dengan Kabupaten Simeulue.

Ada beberapa keistimewaan yang disebut dimiliki Kapal Ferry Aceh Hebat 1 ini.

Ukurannya yang cukup besar dengan panjang 70 meter dan lebar 15 meter, fasilitasnya juga cukup lengkap, sehingga mampu menghadirkan sarana transportasi laut yang nyaman bagi masyarakat.

Kapal tersebut mampu mengangkut 250 penumpang, dan 33 unit kendaraan campuran. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler