Peluang Eks Mantan Timnas Ini ke Persiba Terbuka Lebar

Selasa, 21 Februari 2017 – 10:02 WIB
Kurniawan Karma. Foto: kaltimpost/jpg

jpnn.com - jpnn.com - Eks penggawa Timnas U-21, U-22, dan U-23, Kurniawan Karman yang hingga kini belum memiliki tim berpeluang kembali ke Persiba Balikpapan.

Kurniawan sangat cocok untuk mengisi slot gelandang bertahan yang masih lowong.

BACA JUGA: Jelang Liga 1, Persiba Gencar Berburu ‘Beruang’ Muda

Minimal dia memenuhi syarat yang diinginkan manajemen dan tim pelatih, yakni memiliki tinggi 170 cm dan tergolong pemain multifungsi.

Diketahui, Pelatih Persiba Timo Scheunemann sangat menyukai pemain yang bisa bermain di beberapa posisi. Supaya bisa fleksibel ketika terjadi perubahan formasi saat permainan berjalan, serta mengubah susunan pemain.

BACA JUGA: Timo Akui Persiba Masih Banyak PR

Terutama saat menarik pemain di bawah 23 tahun. Kurniawan bisa menjawab itu karena dia bisa bermain di tiga posisi sama baiknya. Yakni bek kanan, gelandang bertahan, dan sayap kanan.

Dalam gelaran Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Kurniawan tergolong pemain penting di skuad Biru-Biru. Dia mencatatkan caps 26 kali. Dengan membukukan dua gol.

BACA JUGA: Absor Absen, Lini Belakang Persiba Terancam Keropos

Berdasar data yang dikulik dari indonesiacs.com akurasi tembakannya mencapai 47 persen, akurasi operan 70 persen, akurasi umpan silang 27 persen, sukses dribel 75 persen, dan sukses tekel 50 persen.

Asisten Pelatih Haryadi mengatakan, saat ini Beruang Madu sangat membutuhkan gelandang bertahan dan wing bek kanan. Gelandang bertahan diproyeksi sebagai pelapis Gideon Victor Way dan Bryan Cesar, sementara wing bek kanan sebagai pengganti Iqbal Samad.

Dua posisi tersebut jadi sorotan setelah Persiba menorehkan hasil minor di laga pemungkas babak penyisihan Grup 3 Piala Presiden 2017.

Saat ini, tim pelatih kebingungan mencari pengganti yang sepadan ketika Gideon tidak bisa bermain. Dalam pertandingan tersebut, Ardi Yuniar yang diplot sebagai pengganti, tampil kurang menjanjikan.

“Memang sangat baik ketika dua posisi tersebut bisa diisi satu pemain saja. Setidaknya bisa memberi kedalaman skuad. Tapi, kami harus lihat dia dulu. Apakah cocok dengan gaya bermain tim kita atau tidak. Juga kondisi terakhirnya. Apakah cedera atau tidak?” tutur Haryadi kepada Kaltim Post (Jawa Pos Group) Senin.

Jika semua baik, Haryadi memastikan, Kurniawan bisa bergabung dengan Persiba. “Saat ini, yang paling penting bagi kami adalah mendapatkan pemain dengan kualitas benar-benar baik. Soalnya, yang dihadapi adalah kompetisi sesungguhnya. Jadi, tidak boleh asal-asalan dalam merekrut pemain,” tuturnya.

Terpisah, Kurniawan mengaku, belum terikat kontrak dengan tim manapun. Dan, saat ini dirinya sudah menjalin komunikasi dengan pihak Persiba. “Sebenarnya, saya ditaksir banyak klub. Tapi, saya ingin memprioritaskan ke Persiba. Saya suka atmosfer sepak bola di sana (Balikpapan),” ungkap Kurniawan. (ndu/is)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hamka cs Tetap Maksimal di Laga Pamungkas


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler