Peluang Ganjar Diusung PDIP, Hasto Kristiyanto: Keputusan di Tangan Ibu Megawati Soekarnoputri 

Sabtu, 10 April 2021 – 17:27 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) saat bersepeda melintasi jalan utama DKI Jakarta bersama puluhan jurnalis, Sabtu (10/4). Gowes bareng itu diikuti pula Seskab Pramono Anung, Menkumham Yasonna Laoly, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Wakil Ketua Panitia Pulung Agustanto, dan anggota DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike. Foto : Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan pihaknya belum memikirkan siapa figur yang akan diusung maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasto menegaskan ini saat menjawab wartawan soal peluang Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai capres 2024 berdasar hasil riset sejumlah lembaga survei.

BACA JUGA: Ganjar Berpotensi Menang di Pilpres 2024 Jika Berpasangan dengan Tokoh ini

Hasto menyatakan PDIP menyerahkan keputusan mengusung capres kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, sedangkan tugas kader partai melaksanakan konsolidasi dan penguatan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bernegara.

"Siapa yang akan menjadi capres dan cawapres nanti, demokrasi kami telah menetapkan Ibu Megawati yang akan mengambil keputusan," kata Hasto di sela-sela gowes bareng PDIP bersama wartawan, di Jakarta Pusat, Sabtu (10/4).

BACA JUGA: Ganjar Pranowo: Suami Enggak Pulang juga Dilaporkan ke Saya

Hasto menambahkan sembari menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri, maka pengurus pusat PDIP akan mempersiapkan seluruh kader dan jaringannya untuk benar-benar bekerja di tengah rakyat.

Politikus asal Yogyakarta itu menuturkan saat ini PDIP hanya fokus membangun konsolidasi kebangsaan untuk mengatasi pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Isu Reshuffle Berembus Lagi, Hasto Kristiyanto PDIP Bilang Begini

"Kami juga menyiapkan hal-hal yang diperlukan bagi presiden yang akan dipilih rakyat pada 2024,” katanya.

Dia mencontohkan seperti apa yang diperlukan agar ke depan tidak ada lagi persoalan ideologi. Selain itu, tegas Hasto, supaya Pancasila benar-benar menjadi way of life dan sebagai dasar dan tujuan bernegara.

“Oleh karena itulah, terkait dengan persoalan pilpres kami menyiapkan seluruh perangkat kepartai terlebih dahulu dengan melakukan konsolidasi, (itu) jauh lebih penting,” ungkapnya.

Sementara itu, saat disinggung kembali apakah PDIP akan mempertimbangkan mengusung Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024, Hasto mempersilakan rakyat menilai sendiri.

Menurut dia, rakyat bisa melihat sendiri mana pemimpin yang berani memikul tanggung jawab, ketegasan, prinsip, dan memiliki rekam jejak yang jelas.

"Untuk itu, semuanya silakan bekerja dengan sebaik-baiknya di tengah rakyat, karena pemimpin itu punya tanggung jawab juga untuk menjawab panggilan sejarah. Itulah nanti akan tiba saatnya siapa yang akan menjadi capres dari PDI Perjuangan ke depan," pungkas Hasto Kristiyanto. (*/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler