Pemain Asing Bisa Diganti Jelang Playoff, Begini Kata Direktur IBL

Kamis, 23 Juni 2022 – 23:30 WIB
Pemain asing baru Dewa United Zoran Talley. Foto: Dewa United Surabaya

jpnn.com, JAKARTA - Menanggapi terjadinya perubahan beberapa pemain asing di tim yang akan berlaga di playoff IBL 2022 membuat Junas Miradiarsyah angkat bicara.

Direktur kompetisi IBL itu menyebut beberapa tim yang mengganti beberapa penggawa asingnya itu sudah persetujuan dirinya.

BACA JUGA: Mike Glover Datang, NSH Mountain Gold Timika Optimistis Beri Kejutan di Playoff IBL 2022

Dengan persetujuan IBL, pihaknya memaklumi beberapa pergantian jika ada alasan yang rasional.

"Pemain asing yang terbukti melakukan hal-hal yang memberatkan klub, seperti narkoba atau terjerat tindakan kriminal atau hal-hal yang dapat dipandang berpotensi merugikan klub dan liga bisa diganti," kata Junas saat ditemui, Kamis (23/6).

BACA JUGA: Abraham Damar Grahita Ukir Rekor Spesial di IBL All Star 2022

Terkait cedera, tambah Junas, harus dibuktikan dengan rekap hasil pemeriksaan dari tim dokter rekanan IBL.

"Jadi harus valid dan memungkinkan untuk mengganti pemain asing," tegas Junas.

BACA JUGA: Hadapi Banyak Pebasket Top, Tyron Criswell Beber Target di Dunk Contest IBL 2022

Pada awalnya memang pemain asing dikontrak hingga Mei silam.

Mengingat adanya perubahan jadwal kompetisi untuk persiapan Timnas yang akan berlaga ke FIBA Asia Cup 2022 akhirnya kontrak pemain menjadi per musim.

Tidak heran ada beberapa pemain asing yang ingin bermain di kompetisi lain akhirnya dilepas mengingat tawaran yang lebih menggiurkan.

Sejauh ini baru dua tim yang berlaga di playoff IBL 2022 yakni Prawira Bandung dan Dewa United Surabaya yang mengganti pemain asingnya.

Tim asal kota Kembang itu mengganti Christopher Sterling dan Taj Spenser karena dinilai melanggar beberapa ketentuan dalam tim.

Sejauh ini tim asuhan David Singleton itu baru mendatangkan Dennis Dwayne Miles Jr ke dalam tim sebagai pengganti dua pemain tersebut.

Rumor yang beredar, tim yang dahulu bernama Garuda Bandung itu tertarik mendapatkan kembali bintang mereka yakni Gary Jacobs Jr.

Adapun untuk Dewa United mengganti pemain berposisi center Emilio Parks dengan guard lincah bernama Zoran Talley.

Nantinya mantan pemain undrafted NBA itu akan berkolaborasi dengan pebasket asing yang dimiliki Dewa United sebelumnya yakni David Seagers serta pelatih anyar mereka dari Argentina, Maximiliano Enrique Seigorman.

Beberapa tim yang akan berlaga di playoff IBL, seperti West Bandits Combiphar Solo dan NSH Mountain Gold Timika masih kurang pemain asingnya.

Tim asuhan Raoul Miguel Hadinoto masih belum mencari pengganti Michael Kolawole yang kurang kerasan di tim asal kota Solo itu.

Adapun untuk NSH masih menunggu kedatangan pemain andalan mereka Mike Glover yang masih di Amerika Serikat karena ada urusan keluarga.(mcr16/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler