Pemain Liga Spanyol Kompak Serukan Pemogokan

Selasa, 16 Agustus 2011 – 10:12 WIB

PEMAIN Real Madrid dan Barcelona boleh berseteru di atas lapanganNamun, di luar lapangan mereka satu suara dalam memperjuangkan haknya

BACA JUGA: Inasoc Minta Dana Langsung Dipakai

Iker Casillas dan Xabi Alonso dari Real serta Carles Puyol dan Xavi Hernandez dari Barca berada di pihak sama.

Mereka tergabung dalam AFE (Asosiasi Pemain Sepak Bola Spanyol) yang menyerukan ancaman pemogokan pada pekan pertama Liga Primera 2011-2012 yang bergulir akhir pekan ini (20/8)
Tuntutan AFE adalah jaminan gaji bagi pemain di klub yang mengalami kebangkrutan atau masalah finansial

BACA JUGA: Merger dengan Klub LPI, Bakal Bentuk PT Baru



Beberapa klub Spanyol mengalami kesulitan finansial dalam membayar gaji pemainnya beberapa tahun terakhir
Hal itu dialami oleh Real Mallorca dan Hercules

BACA JUGA: Rachman Siap Pensiun

Kedua klub itu dituntut pemainnya karena tidak membayar gaji secara penuh.

"Aksi ini untuk kebaikan pemain sepak bola maupun kebaikan dunia sepak bola di Spanyol," kata Casillas kepada Cadena SER.

LFP sebagai penyelenggara liga Spanyol pun telah turun tangan untuk menengahi masalah"Bakal ada pertemuan di markas LFP Rabu nanti (17/8) untuk membahas mengenai tuntutan kami," kata Presiden AFE Luis Rubiales sebagaimana dilansir Marca.

Presiden LFP Jose Luis Astiazaran sudah melobi beberapa pemilik klub di Spanyol, termasuk Presiden Real Florentino Perez dan Presiden Barca Sandro Rosell, untuk mencari solusi atas ancaman pemogokan AFEAstiazaran terlihat berada di tribun VIP Stadion Santiago Bernabeu bersama Perez dan Rosell Santiago Bernabeu menyaksikan first leg Piala Super Spanyol kemarin.

Rosell optimistis tidak akan terjadi pemogokanSebab, klub sebenarnya tidak berniat mengabaikan kewajiban kepada pemain"Tuntutan AFE sangat wajar sekalipun saya sangat prihatin dengan kondisi keuangan klub-klub di Spanyol, termasuk BarcaDalam 2-3 tahun ke depan, saya harap Barca bisa menyeimbangan anggaran," ungkapnya di TV3.

Bulan lalu, Rosell mengumumkan utang Barca sampai pertengahan tahun ini mencapai 450 juta euro (sekitar Rp 5,4 triliun)Utang itu bisa melambung karena Barca harus mengeluarkan 77 juta euro (sekitar Rp 935 miliar) untuk mendatangkan Alexis Sanchez (Udinese) dan Cesc Fabregas (Arsenal). (dns/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berharap PSSI Lebih Akomodatif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler