Pembangunan Wisata Pulau Seribu Lamban

Sabtu, 11 Oktober 2014 – 04:50 WIB

jpnn.com - KALANGAN dewan DKI Jakartadi Kebon Sirih menyoroti lambannya pembangunan pariwisata di Kepulauan Seribu. Sebab kondisi demikian berdampak sangat buruk bagi usaha wisata di wilayah tersebut. 

Bagaimana tidak, kurangnya dukungan dari Pemprov DKI membuat usaha pariwisata menjadi gulung tikar. "Dari 21 usaha resor, kini tinggal sembilan saja yang bertahan, lantaran tidak ada kunjungan wisatawan," ujar Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus kepada INDOPOS. 

BACA JUGA: Gelontorkan Rp 250 M Rampungkan Stadion Bekasi

Bestari yang juga pernah menjadi anggota Perhimpunan Usaha Wisata dan Resor (Perwita) mendesak Pemprov DKI memperhatikan nasib warga Kepulauan Seribu yang kini makin sengsara. "Pemprov harus membangun banyak rumpon di dasar laut agar pertumbuhan perikanan meningkat dan menarik minta wisatawan," tandas dia.

Ia berharap, rumpon itu bisa dibuat dari bangkai angkutan umum yang sudah tak layak jalan. "Misalnya metromini dan bajaj yang sudah kayak kaleng rongsok itu diceburin saja ke laut untuk dibuat rumpon, agar ikan bisa berkembang biak dengan baik," kata dia.

BACA JUGA: Ribuan CCTV Bakal Disebar di Jakarta

Seperti diketahui, Kepulauan Seribu memiliki luas wilayah 11 kali dari luas Kota Jakarta. Apabila dibikin rumpon, harus ukuran besar dan minimal tersebar di 10 lokasi. "Bukan rumpon kecil asal-asalan yang dilakukan selama ini, nyaris tak ada artinya," kata Bestari.

Tiap rumpon, sambung Bestari, minimal terdiri dari ratusan bangkai metromini. "Kalau ikannya berlimpah, maka wisatawan pemancing yang rata-rata orang berduit, akan banyak yang datang,” tambah dia.

BACA JUGA: Saksi Ahli: Vendor Pengadaan 100 ATM Bank DKI Tak Melanggar

Menurut dia, Pemprov DKI harus belajar kepada pemerintahan Kepulauan Maladewa yang telah berhasil membangun wisata bahari  tingkat dunia. "Pemerintah harus banyak membangun sarana kehidupan biota laut serta infrastruktur demi meningkatkan nilai wisata yang akan memberi masukan bagi pemerintah dan masyarakat setempat," sesal Bestari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman mengaku, serius memajukan pariwisata di DKI Jakarta. Tidak terkecuali di Pulau Seribu, yang cara memajukan dengan menggelar promosi yang gencar. "Kami sangat serius memajukan pariwisata di Pulau Seribu," pungkasnya. (wok)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Surati Polda, Ahok Minta Usut Dalang Demo Anarkis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler