Pembatasan Usia Capres Tak Baik Bagi Demokrasi

Selasa, 20 Desember 2011 – 18:18 WIB

JAKARTA - Ketua DPP Partai Hanura, Nurdin Tampubolon meminta agar soal usia capres tidak  dijadikan isu sentral menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 mendatangSebab siapapun capresnya, hal yang paling penting adalah mengantongi mandat rakyat.

“Soal usia untuk capres tidak soal, yang penting dipercaya rakyat

BACA JUGA: KPK Bakal Disodori Satu Troli Dokumen Century

Yang menetukan rakyat melalui pesta demokrasi yang diamanatkan UUD 45,” ujarnya Nurdin di sela-sela Rakernas dan HUT Partai Hanura di Jakarta, Selasa (20/12).

Nurdin menekankan bahwa capres yang berusia muda bukan jaminan bakal dipilih rakyat pada Pilpres 2014 mendatang
Bahkan capres usia muda, katanya, juga tidak otomatis bakal bisa lebih baik dalam memimpin.

Begitu pula sebaliknya, capres berusia tua juga tidak otomatis sebagai pemimpin yang buruk

BACA JUGA: Rangkap Jabatan, Petinggi Parpol Dianggap Suburkan Korupsi

“Di beberapa negara, banyak pemimpinnya yang sudah  berusia tua tapi mampu mambawa kemajuan bangsanya dan memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya
Jadi jika ada pembatasan usia untuk menjadi Capres, itu jelas bukan hal yang baik bagi perkembangan demokrasi di Indonesia,” kata Nurdin.

Terpisah politisi muda dari PAN, M Taslim Chaniago justru mengaku sependapat dengan gagasan tokoh senior PAN,  Amien Rais agar capres dan cawapres sebaiknya berusia 45-55 tahun

BACA JUGA: Langgar Kode Etik, 8 Anggota Panwas Dipecat

“Ya tentu di cari tokoh muda yang punya leadership, pengalaman di berbagai bidang, sehingga lebih lincah dan mampu membawa perubahan lebih cepatTapi jangan usianya terlalu muda juga, karena kurang matang,” katanya 

Jika yang mencalonkan masih tokoh-tokoh tua, kata Taslim, nantinya yang muncul ke permukaan masih tetap tokoh lama yang sudah kelihatan sepak terjangnya.

“Tokoh tua, kan masih itu-itu saja, yang kita semua sudah melihat sepak terjangnyaJadi alangkah baiknya tongkat kekuasaan dipercayakan kepada yang muda-muda,” ujar anggota Komisi III DPR dari daerah pemilihan Sumatera Barat itu(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wiranto Isyaratkan jadi Capres Hanura


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler