Pembawa 1 Ton Sabu Diduga Satu Jaringan dengan Wonderlust

Minggu, 11 Februari 2018 – 16:55 WIB
Anggota Pomal menggiring salah satu tersangka pembawa sabu satu ton usai ekspos di Lanal Batam, Batuampar, Sabtu (10/2). F Dalil Harahap/Batam Pos

jpnn.com, BATAM - Wakasal Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman mengatakan kapal Sunrise Glory pembawa 1,29 ton narkoba jenis sabu-sabu yang ditangkap di Batam merupakan target operasi (TO) TNI AL sejak Desember tahun lalu.

Achmad mengatakan kapal ini semula diduga membawa seberat 3 ton sabu-sabu, namun sebagian isinya sudah dibongkar terlebih dahulu.

BACA JUGA: Usai Endus 1 Ton Sabu, Kondisi Anjing Pelacak…Duuuh

Melihat modus kapal ini mencoba memasuki perairan Indonesia, Wakasal Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman mengungkapkan Kemungkinan Sunrise Glory ini satu jaringan dengan kapal Wonderlust yang sebelumnya menyelundupkan sabu ke Jakarta, tahun lalu.

“Mereka ini mencoba masuk dengan menyisir melalui Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Lalu coba-coba masuk, tapi saat akan dikejar mereka akan keluar dari ZEE. Masuk ke perairan internasional,” ujarnya.

BACA JUGA: 1 Ton Sabu Kira-kira Merusak Berapa Juta Orang? Wow!

Achmad menerangkan sejak Desember tahun lalu, pihaknya menerima informasi ada kapal Sundemen 66 yang akan mencoba menyelundupkan sabu ke Indonesia.

Sejak saat itu, TNI AL memerintahkan jajarannya untuk memantau setiap pergerakan kapal di perairan Indonesia.

BACA JUGA: TNI Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu-Sabu, Itu Tandanya...

“Kami tidak bekerja sendirian, tapi bersama dengan BNN,” tuturnya.

Pada Rabu, (7/2) kapal yang memiliki ciri-ciri yang sama saat melintasi selat Philip. TNI AL mengerahkan KRI Siguror. Saat ditangkap kapal itu menggunakan bendera Singapura.

Danguskamla melapor ke Pangmabar, meminta kapal bersama empat krunya itu ditarik ke Batam.

Kapal itu masuk ke Batam, Kamis (8/2) dini hari. Dari awal, kata Achmad pihak TNI AL sudah mencurigai kapal ini adalah yang selama ini jadi target operasi mereka. Oleh sebab itu, TNI AL segera berkoordinasi ke Badan Narkotika Nasional.

Butuh waktu satu hari lebih untuk pihak TNI AL, BNN dan Bea Cukai menemukan sabu tersebut. Sabu itu ditemukan di dalam palka bagian buritan kapal. Sebanyak 41 karung sabu ditemukan di bawah tumpukan karung beras.

Anjing pelacak diturunkan langsung mencium keberadaan sabu-sabu tersebut. Saat masuk berada di atas kapal, anjing pelacak itu menuju bagian buritan kapal. “Setelah dicek, benar ada sabu,” tukasnya.(ska/idr/syn/c9)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Toge Bakal Dipindahkan ke Nusakambangan


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler