Pemberdayaan Mustahik Jadi Fokus BAZNAS dalam Program Makan Bergizi

Sabtu, 28 September 2024 – 10:42 WIB
BAZNAS siap mengoptimalkan mustahik dalam program makan bergizi bersama pemerintah. Foto: Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengoptimalkan peran mustahik dalam Program Makan Bergizi Gratis.

Program ini diharapkan dapat membantu menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama melalui pemberdayaan para mustahik di berbagai sektor.

BACA JUGA: Pengumpulan Zakat Melonjak, Presiden Jokowi Puji Inovasi Digital BAZNAS

"Dengan begitu, kita bisa menyerap tenaga kerja," ujar Prof. Dr. KH. Noor Achmad, Ketua BAZNAS RI, saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakornas) BAZNAS se-Indonesia 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (27/9).

Kiai Noor juga menekankan bahwa mustahik binaan BAZNAS telah menghasilkan berbagai produk berkualitas melalui program-program, seperti lumbung pangan, balai ternak, dan UMKM.

BACA JUGA: Salurkan Zakat Tepat Sasaran, UPZ Pupuk Kaltim Raih 3 Penghargaan Baznas Award 2024

"Kami memiliki balai ternak sapi dan ayam, baik petelur maupun potong, serta budi daya ikan. UMKM kecil di desa juga siap berkontribusi, dari memasak hingga mendistribusikan makanan bergizi," jelas Noor.

Yang terpenting, menurut Kiai Noor, dalam kolaborasi tersebut tidak ada kapitalisasi, tetapi justru menyerap tenaga kerja yang berada di desa.

BACA JUGA: Transformasi Digital Jadi Prioritas BAZNAS dalam Pengelolaan Zakat

"Jadi kalau ada kolaborasi antara pemerintah dengan BAZNAS, akan memperkuat peran mustahik dalam hal pemberdayaan," katanya.

Rakornas BAZNAS 2024 diselenggarakan di Balikpapan selama tiga hari pada 25-27 September 2024, dihadiri 1.200 peserta yang berasal dari unsur Pimpinan BAZNAS se-Indonesia dari Pusat, 38 Provinsi, dan 514 Kabupaten/Kota.

Kegiatan itu mengangkat tema "Sinergi Pengelolaan Zakat Inklusif untuk Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan dalam rangka Sukses Astacita". (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler