Pembuatan Paspor Meningkat

Jumat, 15 Februari 2013 – 10:56 WIB
PANGERANRATU - Sejak dua pekan terakhir, pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Klas I A Palembang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Setiap hari, jumlah warga yang membuat paspor mencapai 200-300 orang.

“Yang jelas lebih tinggi bila dibandingkan dengan bulan Januari,” terang Kepala Kantor Imigrasi Klas IA Palembang, Heriyanto, melalui Kasi Wasdakim, Telmaizul, di ruangannya, belum lama ini.

Diakui Telmaizul, peningkatan dan lonjakan paspor terjadi karena banyaknya warga yang ingin melaksanakan ibadah umrah dan keperluan berobat. “Banyak juga yang untuk umrah, tapi ada juga untuk berobat maupun liburan. Khusus untuk berobat biasanya negara yang dituju ke Malaysia dan Singapura, sedangkan yang liburan ke China dan Thailand,” bebernya.

Meski demikian, untuk mengantisipasi terjadi peningkatan permintaan dan antre panjang, pihaknya juga menerapkan sistem antre dan menambah petugas pembuatan paspor. “Diharapkan hal ini dapat  meningkatkan penyelesaian paspor dari masyarakat tepat waktu,” ulasnya.

Ia juga mengimbau bagi masyarakat yang ingin membuat paspor langsung ke loket yang ada di Kantor Imigrasi dan tidak melalui calo. “Semua sistem sudah terkoneksi, sehingga proses penyelesaian akan sama termasuk proses pengurusan paspor,” terangnya.

Agung, warga Jl Inspektur Marzuki menilai, sejauh ini terjadi peningkatan dari sisi pelayanan. “Kalau dulu banyak calo yang berkeliaran di Kantor Imigrasi, sekarang sudah mulai berkurang. Selain itu, petugas loket juga bisa diperbanyak termasuk saat pemotretan bisa ditambah,” ujarnya.(afi/lia/ce5)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejati Sulsel Panggil Pejabat Kementrian BUMN

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler