Pembukaan REACH 2013 Spektakuler

Kontingen Pontianak Tampil Memukau

Minggu, 30 Juni 2013 – 20:37 WIB
MEGAMENDUNG – Ajang kreativitas anak muda Ready to Take the Challenge (REACH) bertajuk “We Choose to Be Happy”, yang digelar Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI), resmi dimulai, Minggu (30/6), di  Kompleks Kuil Myogan-Ji, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.
       
Pembukaan ajang yang berlangsung hingga 7 Juli 2013, itu berlangsung spektakuler. Sebanyak 650 anak usia 11 hingga 21 tahun dari 19 provinsi seluruh Indonesia, begitu atraktif dan kreatif menampilkan kebolehan mereka.
       
Pembukaan REACH 2013 yang dihadiri Ketua Umum MNSBDI, Aiko Senosoenoto diawali dengan perlombaan atraksi dan yel-yel yang ditampilkan oleh para kontingen. Dalam kesempatan ini, kontingen yang menjadi peserta pada REACH 2013 ini adalah Aceh (kontingen Collaboration Squad), Asahan Labuan Batu (Generasi Bongkar), Bali (Pasukan Lebah), Batam (Tenacious Squad), Binjai (Pejuang Impian), DKI A (Scrat Squadron), DKI B (Klan Hideyoshi).        

Kemudian, Jabar (Canis Major Troops), Jatim I-Surabaya (Laskar Mandela), Jatim II-Madiun (Generasi Supel), Jatim III-Malang (Mighty Croods), Jateng Pansel (Ambitious Generation), Jateng Selatan (Kresna Brata), Jateng Tengah (Aksi Dre Parker), Jateng Timur (Pasukan Ninomiya), Jateng Utara (Autonomous Child).
       
Tak ketinggalan Ketapang (The Luffy), Lampung (The Care Team), Makassar (Generasi Peduli), Medan (Generasi Merdeka), Pare-pare (Pasukan Pendobrak), Pekanbaru (The Puzzle Team), Pontianak (Jimmy Neutron Squad), Siantar (Pasukan Peduli),  Sumsel (Fighter Generation), Tanjung Balai Karimun (Struggler Troop) dan Yogya (Prestigious Generation).
       
Para kontingen bergantian menampilkan atraksi dan yel-yel yang sudah dipersiapkan dari daerah masing-masing. Atraksi kontingen berupa pertunjukan atau tontonan singkat yang memperlihatkan keunikan daerah dan keahlian para anggota kontingen.

Yel-yel kontingen adalah teriakan penyemangat dari tiap kontingen. Atraksi mereka ini dinilai oleh para juri.
       
Aksi ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan panjang yang akan diikuti oleh para peserta hingga 7 Juli 2013. Dalam sepekan, berbagai perlombaan dan kegiatan akan dilakukan. Antara lain, kompetisi Fun and Smart dan penjurian pameran. Setiap kontingen harus membuat seni instalasi menggunakan material dasar berupa kaleng bekas.
       
Kemudian, penjurian orasi dan atribut. Sebanyak 10 finalis atribut dan orasi yang sudah terpilih dari 27 kontingen akan mempresentasikan orasi berupa semangat perubahan yang akan dilakukan oleh tiap kontingen untuk anak muda di daerahnya dan atribut yang tahun ini tiap kontingen dituntut kreativitasnyauntuk membuat atribut berupa vest protection.
       
Setelah itu dilanjutkan presentasi studio usai mengikuti workshop di tiap studio selama lima hari dari dosen-dosen yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Nah, setelah belajar di studio dan mengikuti berbagai macam kompetisi, akhirnya ditentukanlah juara umum kontingen REACH 2013 dari hasil penilaian para juri pada saat closing REACH 7 Juli 2013.
       
Pandita Utama MNSBDI, Melinda Tandajaya, mengajak anak muda memiliki impian besar dan tinggi untuk membangun negara. Karenanya, saat inilah untuk terus belajar dan bergaul serta menimba ilmu. “Ini satu kesempatan yang baik. Jangan dilewatkan, karena kesempatan itu tidak akan datang dua kali,” katanya dalam sambutan saat pembukaan.
       
Ketua Panitia Pelaksana REACH 2013, Wirya Kartasasmita, menyatakan, para peserta diajak untuk berani punya mimpi dan total dalam mengejar mimpi tersebut agar bisa happy dengan bertindak. “Tidak hanya sebatas angan-angan belaka, tetapi berani mewujudkannya,” katanya.
       
Wirya berharap, nantinya para peserta dapat kembali ke daerah masing-masing dengan membawa semangat baru untuk mengejar impian mereka. Diharapkan pula mereka dapat menyebarkan semangat kepada rekan-rekannya yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut.  “Anak muda harus benar-benar bergerak memerjuangkan keinginan dengan total dan maksimal,” pesan  dia. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mabes Polri Tegaskan Tak Ada Anggota Brimob Tewas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler