Pemerintah Akan Alihkan Truk Angkut ke Kapal Ro-Ro

Rabu, 26 Desember 2012 – 13:45 WIB
JAKARTA - Demi mengurangi beban di jalan, salah satunya Jalan Pantai Utara (Pantura). Pemerintah berencana akan mengalihkan truk angkutan barang yang melakukan perjalanan jarak pendek untuk menggunakan Kapal Ro-Ro.

Hal ini diungkap Menteri Koordinator Perkekonomian Hatta Rajasa usai mengelar rakor di Gedung Kementerian Koordinator dan Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta (Rabu, 26/12). "Kita sudah berusaha tentang short sea line, jadi pelayaran pendek itu tidak perlu pakai jalan raya tapi pakai kapal Ro-Ro. Dan biayanya lebih murah," ujar Hatta.

Hatta menjelaskan, nantinya pemerintah akan memberikan insentif kepada para pengusaha atau perusahaan swasta yang akan mengembangkan angkutan container menggunakan Kapal Ro-Ro. Namun, saat ini pemerintah masih mengkaji mekanisme pemberian insentif tersebut.

"Jadi kalau misalnya katakanlah mau ke Priok lah, kita kembangkan jangan lewat Pantura misalkan pakai kapal Ro-Ro. Misal dari Semarang atau sebelum Semarang kita kembangkan pakai Ro-Ro terus berangkat ke Priok, itu jauh lebih murah," papar Hatta.

Hatta berharap, dengan ada kebijakan tersebut bisa mengurangi volume kendaraan berat dan kemacetan di jalan raya. Rencananya, pemerintah akan menargetkan kebijakan ini dan akan mulai di uji cobakan pada semester II 2013.

"Mungkin mulai diuji cobakan pada semester II tahun depan," pungkas Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu. (chi/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mentan: Angkutan Logistik Amburadul, Indonesia tak Bisa Bersaing

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler