Pemerintah Belum Berniat Cabut Moratorium Pengiriman TKI

Rabu, 12 September 2012 – 22:22 WIB
SUBANG - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa hingga saat ini pemerintah masih belum berniat mencabut moratorium pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi. Alasannya, pemerintah Indonesia dan Arab Saudi belum menemukan kesepakatan dalam penyusunan nota kesepahaman mengenai TKI.

"Banyak sekali permintaan untuk dibuka kembali moratorium TKI ke Arab Saudi. Terutama kantong-kantong TKI seperti Cianjur dan Subang. Tapi kita sedang proses finalisasi MoU dengan Saudi Arabia," ungkap Muhaimin saat meninjau kelompok usaha masyarakat di Subang, Jawa Barat, Rabu (12/9).

Muhaimin menyebutkan, saat ini masih ada beberapa hal yang belum menemukan kesepakatan bersama antara kedua negara. Misalnya syarat minimum TKI, kepastian perlindungan hukum dan sistem pelaksanaan.

"Ini masih kita bahas dan dikaji secara komprehensif. Dari situ kita lihat dulu bagaimana perkembangannya. Jika sudah sesuai, maka pasti akan kita buka lagi," ujarnya.

Karenanya menteri yang kerap disapa Cak Imin tidak berani memastikan kapan moratorium pengiriman TKI bakal dibuka lagi. "Pastinya kapan dibuka lagi belum tahu, kita tunggu saja dulu," imbuhnya. (Cha/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Miranda Dituntut 4 Tahun Penjara dan Denda Rp150 Juta

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler