Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Teknologi

Minggu, 23 September 2018 – 07:44 WIB
Ilustrasi UMKM. Foto: Jawa Pos.Com/JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi untuk menggenjot kinerja.

Kemenkominfo sendiri sudah menggelar Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat, dan Aman di Gedung Graha Pos Indonesia, Bandung.

BACA JUGA: Kredit UMKM Kian Tumbuh

Mereka menggandeng Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), Asosiasi Fintech Indonesia, Google, Blibli, dan Kredit Pro untuk mengedukasi UMKM terkait penggunaan ecommerce.

Para pelaku UMKM diharapkan semakin terstimulasi untuk memaksimalkan e-commerce guna mengembangkan usaha mereka.

BACA JUGA: Apindo Minta Pemerintah Perkuat Produk UMKM Domestik

Pasalnya, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia.

Saat ini terdapat penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 132 juta.

BACA JUGA: Dampak Rupiah Lemah Cukup Luas

Selain itu, pengguna e-commerce pun terus meningkat dengan bertambahnya portal yang memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Direktur Informasi danKomunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary menjelaskan, masyarakat semakin getol menggunakan e-commerce untuk bertransaksi.

“Hal tersebut dapat dinilai sebagai perkembangan positif karena semakin mudah untuk menghubungkan penjual dan pembeli. Langkah awal sudah terjajaki. Namun, edukasi akan penggunaan portal e-commerce penting untuk terus dilakukan," kata Septriana, Jumat (21/9).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 61,41 persen.

Jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Namun, baru sekitar delapan persen atau sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya.

Oleh karena itu, melalui acara sosialisasi gerakan Ayo UMKM Jualan Online, Kemenkominfo berharap membantu UMKM go online.

Dengan demikian, UMKM dapat mengikuti tren pergerakan konsumen yang semakin piawai dan lebih memilih untuk bertransaksi secara online. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tampung Semua Hasil Kerajinan Warga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UMKM   Kemenkominfo  

Terpopuler