Pemerintah Harus Awasi Harga Sembako

Jumat, 20 Juli 2012 – 04:51 WIB
KARAWANG - Satu hari menjelang puasa masyarakat meminta pemerintah untuk tetap mengontrol harga sembilan bahan pokok di pasar–pasar tradisional. Karena setiap menjelang Ramadan dan Lebaran, harga bahan kebutuhan untuk masyarakat sering mengalami kenaikan.

Asti Sulastri, salah seorang ibu rumah tangga mengatakan, dari tahun-tahun yang lalu setiap menjelang Ramadan dan Lebaran ada tren yang dilakukan pedagang menaikan harga bahan-bahan pokok. Hal itu jelas sangat merugikan masyarakat dan berdampak kepada semakin sulitnya masyarakat.

“Saya sebagai warga sangat berharap kepada pemerintah untuk tetap melakukan pengontrolan harga di pasar-pasar, karena sudah menjadi kebiasaan setiap menjelang Ramadan banyak pedagang yang menaikkan harga,” kata Asti kepada Pasundan Ekspres (JPNN Group) di Karawang, Kamis (19/7).

Dikatakannya, dengan kenaikan harga bahan pokok dalam setiap Ramadan, hal itu jelas sangat memberatkan masyarakat. Pasalnya dalam setiap Ramadan banyak kebutuhan yang harus disiapkan, sehingga ada peningkatan penguluaran.

Bupati Karawang, H Ade Swara mengatakan, dia memerintahkan kepada Dinas Perindustrian Perdagangan Tambang dan Energi Kabupaten Karawang, untuk menjaga kestabilan harga selama bulan puasa. Dari hasil dialog yang dilakukan dengan pedagang dalam sidak yang dilakukan di Pasar Karawang, dia menilai kondisi harga beberapa bahan pokok berada dalam kisaran yang wajar. Termasuk harga daging sapi yang berada dalam kisaran Rp75–80 ribu per kilogram, daging ayam kisaran Rp21–22 ribu per ekor.

Namun demikian lanjutnya, harga telur mengalami penurunan dari kisaran Rp21.000 menjadi Rp19.000 per kilogram. Sedangkan pasokan bahan pokok sendiri saat ini masih berlimpah. “Saya harap agar ke depan kondisi harga-harga tersebut tetap dalam kondisi normal dan stabil. Terlebih, pengalaman tahun-tahun sebelumnya harga-harga mulai merangkak naik kembali mendekati awal puasa dan seminggu menjelang Lebaran,” ungkapnya.

Ade Swara juga mengharapkan masyarakat untuk tidak terpancing isu-isu tidak benar terkait kenaikan dan pasokan harga bahan pokok. Sementara itu, H Dede Mulyani, salah satu pedagang bahan pokok di Pasar Baru Karawang yang berdialog langsung dengan Bupati Ade Swara mengatakan bahwa kisaran harga dan pasokan daging sapi di kiosnya, masih dalam taraf normal dan stabil. “Untuk saat ini, harga daging sapi stabil antara Rp75.000-80.000 per kilogram, dan pasokannya masih cukup berlimpah,” imbuhnya. (kus)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pangan Dikuasai Asing, Negara Kesulitan Memihak Rakyat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler