Pemerintah Kebut Selesaikan Kantong Parkir di Jalan Sudirman

Minggu, 05 Agustus 2018 – 09:05 WIB
Asian Games 2018. Foto: sumek.co.id

jpnn.com, PALEMBANG - Pemko Palembang melakukan berbagai langkah untuk mengatasi kemacetan parah di Jalan Jenderal Sudirman jelang Asian Games 2018.

Apalagi, sejak beberapa minggu lalu telah diberlakukan larangan parkir di sepanjang jalan protokol tersebut. Karenanya, sejak Jumat (3/8), pembangunan kantong parkir di eks Bioskop Cineplek dikebut.

BACA JUGA: Gelorakan Asian Games 2018 dengan Harmoni Indonesia

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Palembang, Kurniawan mengatakan, sesuai kesepakatan, pembongkaran dilakukan sendiri oleh pemilik lahan, Thamrin Group. Nantinya pengelolaan parkir tersebut juga dilakukan oleh Thamrin Group melalui perusahaan parking service, Centre Park.

“Jumat, (3/8) mulai dibongkar, dan akan segera ditata menjadi lahan parkir yang dikelola Thamrin Group sebagai pemilik lahan sekaligus pengelola parkirnya,” terangnya.

BACA JUGA: Stadion Patriot Sudah Siap 100 Persen untuk Asian Games

Pentingnya pembangunan kantong parkir di kawasan Jalan Sudirman, lanjut dia, berkaitan dengan penataan parkir di tepi jalan agar tak terjadi kemacetan.

“Kita juga mulai dilakukan penertiban. Untuk itu butuh kantong parkir agar pemilik kendaraan tidak memarkirkan kendaraannya lagi di badan jalan,” tandasnya.

BACA JUGA: 4 Cabor Asian Games 2018 Rawan Doping

Dengan bersedianya Thamrin Group membangun kantong parkir di kawasan Sudirman, sebut Kurniawan, Pemkot Palembang menyambut baik.

“Kita bersyukur, Thamrin Group selaku pemilik gedung jadi pihak pertama yang bersedia menjadikan tempatnya sebagai kantong parkir,” paparnya.

Kantong parkir yang akan dikelola Centre Park (Thamrin Group) tersebut, tambah dia, mampu menampung mobil 414 unit dan motor sebanyak 474 unit.

“Total daya tampung 888 kendaraan. Kantong-kantong parkir sepanjang jalan mulai dari Bandara SMB II sampai Jakabaring Sport City (JSC) akan kita tambah,” tuturnya seraya mengaku, pihaknya masih melakukan pendekatan ke beberapa pemilik lahan.

Pihak lainnya yang sedang didekati pemkot, pemilik lahan kosong di depan Internasional Plaza (IP). “Yang lainnya kami juga minta. Idealnya memang setiap bangunan ada tempat parkir,” imbuhnya.

Sementara itu, Kurniawan menambahkan, pihaknya sudah mendapat lokasi baru bagi pedagang batu akik yang berjualan di lahan eks Bioskop Cineplex.

“Akan kita pindahkan ke Pasar Soak Bato. Tapi untuk lebih jelas akan dilakukan PD Pasar,” pungkasnya. (cj10/ce1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Omzet UMKM Bisa Naik 5 Kali Lipat saat Asian Games 2018


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler