Pemerintah Pastikan Pasokan Cukup, Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak-anak Digenjot

Jumat, 25 Juni 2021 – 21:28 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy menargetkan vaksinasi untuk ibu hamil, menyusui anak-anak dipercepat karena pasokan vaksin cukup. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah kasus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat. Berdasar data klaim biaya covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, ibu hamil positif Covid-19 mencapai 35.099.

Sedangkan bayi baru lahir usia 0-12 bulan yang terkena Covid-19 sebanyak 24.591.

BACA JUGA: Kemenkes Hapus Syarat Domisili KTP untuk Pemenerima Vaksin Covid-19

"Kasusnya makin banyak. Pemerintah akan mempercepat program vaksinasi ibu hamil, balita, dan anak-anak," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Jakarta, Jumat (25/6).

Hal itu menurut Menko Muhadjir sebagai upaya mencegah penularan sekaligus menekan laju peningkatan kasus terkonfirmasi dan meninggal akibat Covid-19.

BACA JUGA: Vaksin Pfizer Picu Radang Jantung, Amerika Ogah Setop Vaksinasi

Dia mengatakan percepatan vaksinasi sangat diperlukan. Namun, untuk pengadaan vaksin, sebaiknya difokuskan pada produksi vaksin nasional.

"Bagaimana diupayakan vaksin produksi nasional ini betul-betul bisa segera sehingga kita tidak tergantung pada pasar internasional," ujarnya.

Muhadjir menjelaskan ketidakpastian situasi pasar vaksin dunia saat ini cukup tinggi. Sementara kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan signifikan dengan hadirnya varian-varian baru yang konon lebih mudah menularkan. 

Dia menyatakan tidak perlu membesar-besarkan merek vaksin mana yang harus digunakan. Menurutnya, lebih baik mempertimbangkan yang lebih cepat dan maju perkembangannya.

"Dari mereka yang sekarang sedang berinisiatif mana yang lebih cepat dan mana yang kira-kira lebih menjanjikan, itu yang segera kami support," ucapnya.

Dia mencontohkan di Amerika yang melakukan vaksinasi besar-besaran dan tidak banyak prosedur karena vaksinnya melimpah.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto memastikan pasokan vaksin saat ini sudah mencukupi.

Artinya, program percepatan vaksinasi sudah bisa dilakukan terutama untuk ibu hamil, menyusui, balita, dan anak-anak.

"Yang terkait dengan percepatan vaksinasi didorong untuk daerah yang tergolong risiko tinggi yaitu Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Bali, Banten, Yogyakarta, dan Kalimantan Barat. Ini tentu perlu dilakukan prioritas oleh Kemenkes, TNI/Polri untuk mendorong sentra-sentra vaksinasi," ungkap Airlangga. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Vaksin   Covid-19   Ibu Hamil   anak  

Terpopuler