Pemerintah Sudah Lakukan Lobi-Lobi

Rabu, 07 November 2012 – 07:58 WIB
JAKARTA - Indonesia optimistis bisa terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 2019 dalam bidding yang dilangsungkan besok di Makau. Ditemui tadi malam di kantornya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng mengatakan jika persiapan Indoensia dalam bidding  besok sudah matang.

"Tadi kami sudah rapatkan semuanya. Insyaallah semua sudah siap  dan Kami besok kita akan melakukan bidding  dengan sebaik baiknya," kata Andi Mallarangeng. "Kami mohon doa restu kepada masyarakat Indoensia supaya bidding berjalan dengan sukses," lanjutnya.  

Menpora menyatakan, berbagai persiapan dan persyaratan untuk mengikuti bidding sudah dilakukan dengan bagus. Tim OCA (Olympic Council of Asia) juga sudah meninjau langsung kondisi beberapa lokasi di Jawa Timur yang akan menjadi tuan rumah. "LObi-lobi ke pihak-pihak terkait juga sudah kita lakukan. Pokoknya kita akan berusaha sekuat tenaga," tegasnya.

Selain Indonesia, dua Negara Asia lainnya yang maju dalam bidding untuk menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2019 nanti adalah Vietnam dan Uni Emirat Arab. "Saya kira Dubai (Uni Emirat Arab) yang akan menjadi saingan terberat kita," beber  Andi. Peluang Indonesia makin besar  mengingat sejak 1998 Asia Tenggara belum kebagian menjadi tuan rumah.

Siang hari kemarin bertempat di ruang rapat Kemenpora, Andi Mallarangeng menyimak kesiapan paparan yang akan dilakukan di Makau besok. Menurut Ahmed Solihin, wakil KOI, lamanya paparan tim Jatim di Makau sekitar 30 menit. Disitu sudah termasuk sambutan Presiden SBY, Ketua KOI Rita Subowo, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Menpora. Digambarkan juga kesiapan kota Surabaya menyambut Asian Games 2019 lewat video berdurasi 5 menit.

Menurut Ahmed, peran Pemerintah akan besar pengaruhnya dalam bidding ini, dari persiapan hingga paparan nanti. "Kami bersyukur Pak SBY sudah ada video dukungannya," kata Ahmed.

Dia mengungkapkan, seluruh pengurus KOI akan hadir di Makau dan melakukan lobi-lobi untuk memenangi pertarungan ini. Selain itu juga akan hadir dua bintang Olimpiade Barcelona 1992, pasangan Susy Susanti dan Alan Budikusumah.

Sebagai tuan rumah Jawa Timur melalui kota Surabaya akan membuka stan yang berisi berbagai informasi kesiapan Surabaya menyambut pesta olahraga Asia itu. Rencananya Menpora akan ke Makau didampingi Deputi Olahraga Prestasi Joko Pekik dan Deputi Kemitraan dan Harmonisasi Lalu Wildan. (ali)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hengki Rawan Diganti

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler