Pemerintah Tata Keruwetan Transportasi Jakarta

Rabu, 13 April 2011 – 11:22 WIB

JAKARTA — Pemerintah menyiapkan berbagai skema menata ulang jalur transportasi di kota Jakarta yang kian hari terlihat semakin ruwetKonsep pengembangan jalan lingkar dan pembangunan jalan tol, menjadi solusi yang diseriusi

BACA JUGA: Paket Gelas Gegerkan Warga Tangerang

Ditargetkan, pembangunan secara konsorsium oleh PT WIKA dan PT KA konsepnya ditargetkan selesai tahun ini juga.

Menteri Koordinator bidang perekonomian Hatta Radjasa usai memimpin rapat persoalan transportasi Jakarta, Rabu (13/4) mengatakan, pemerintah akan membuat otoritas transportasi dan membangun kereta bandara
Pembebasan lahan yang tersedia sudah ada 450 meter.

‘’Target 2014, bisa terbuka 6 ruas jalan tol di DKI Jakarta

BACA JUGA: Foke Janji Terapkan Waskat Reklame

Kita juga buat otoritas trasportasi Jakarta, yang draft awal Perpresnya sudah kita matangkan
Jadi nanti otoritas ini yang mengatur tentang transportasi Jakarta,’’ kata Hatta.

Keinginan Presiden SBY yang pernah mengungkapkan perlu memperluas kota Jakarta untuk mengurangi kemacetan, kata Hatta juga masuk kewenangan otoritas ini nantinya

BACA JUGA: Foke Janji Terapkan Waskat Reklame

‘’Jadi kita tidak hanya bicara transportasi di DKI Jakarta saja, tapi sekitarnyaItulah pentingnya otoritas transportasi tadi,’’ kata Hatta.

Sementara itu, mengenai keterlibatan investor asing untuk transportasi Jakarta, Hatta mengatakan pemerintah lebih serius pada aksi dan bukan lagi penawaran grand design saja.

‘’Korea memang menawarkan untuk grand desaignSaya bilang capek kita kalau desain meluluDesainnya tidak berubah total, ya harusnya langsung jalan saja,’’ kata Hatta.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, pembangunan jalan tol di Jakarta memang banyak mengalami kendalaSelain kontraktor yang mangkrak juga persoalan pembebasan lahan.

‘’Mudah-mudahan soal lahan ini bisa terselesaikan dengan UU pertanahan yang sekarang dalam proses legislasiRegulasi di Indonesia juga harus bersaing dengan aturan dari negara investor,’’ kata Gubernur yang akrab disapa Foke ini.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sudah Saatnya Foke Rombak Eselon II


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler