Pemimpin Dunia Sambut Terpilihnya Paus Francis I

Kamis, 14 Maret 2013 – 13:26 WIB
ROMA - Terpilihnya Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio sebagai Paus baru dalam konklaf kedua di Roma mendapatkan sambutan dari berbagai pemimpin dunia. Apalagi Paus Francis I yang kehidupannya sederhana ini bukan calon yang diunggulkan sebelumnya.

Presiden AS Barack Obama menyatakan atas nama rakyat Amerika dan Michelle menyambut hangat terpilihnya Paus Francis I. Sebagai pahlawan bagi orang miskin dan membawa keluar pesan cinta dan kasih sayang yang telah mengilhami dunia untuk lebih dari 2.000 tahun.

"Sebagai Paus pertama dari Amerika, orang-orang di Amerika Serikat berbagi sukacita hari bersejarah ini," ungkap Obama, seperti dilansir BBC (14/3).

Obama juga mengharapkan, Paus Francis I bisa memajukan perdamaian, keamanan dan martabat untuk sesama manusia, terlepas dari iman mereka.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengucapkan selamat untuk Paus yang baru dan berharap untuk melanjutkan kerja sama antara Perserikatan Bangsa-bangsa dan Tahta Suci, di bawah kepemimpinan  Paus Francis I.

"Kami berbagi banyak kesamaan tujuan dari kegiatan perdamaian, keadilan sosial dan HAM, untuk pemberantasan kemiskinan dan kelaparan serta semua unsur-unsur inti pembangunan berkelanjutan," kata Ban Ki-moon.

Sedangkan Presiden Argentina Cristina Kirchner menyatakan harapannya dan berdoa agar Paus Francis I bisa mengendalikan Gereja Vatikan, meneruskan misi keadilan, kesetaraan, persaudaraan dan perdamaian antara manusia.

Sementara Perdana Menteri Inggris David Cameron dalam komentarnya menyatakan hari ini bersejarah bagi 1.2 miliar umat Katolik di seluruh dunia.  "Saya berharap untuk bertemu dengan Paus Francis, dan bekerja sama untuk membangun warisan konsisten terdahulu dari kami," ungkapnya.

Paus Francis selama ini dikenal sebagai seorang pendeta penyayang yang telah melayani masyarakat miskin di Amerika Latin, dengan kesederhanaan dan kekudusan hidup yang luar biasa.

"Kami sangat senang karena Tuhan kita telah melemparkan matanya di Amerika Latin, dan kami sangat berterima kasih karena kita memiliki Paus Amerika Latin," ujar Uskup Agung San Salvador, Jose Luis Escobar. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... LSM Sebut Banyak Bocah Syria Disiksa

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler