Pemkab Banyuwangi Bangun 821 Kilometer Infrastruktur Jalan pada Tahun Ini

Rabu, 11 September 2024 – 17:00 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat mengecek progres pembangunan dan perbaikan jalan di sela melaksanakan Program Bunga Desa. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

jpnn.com, BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada tahun anggaran 2024 melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan sepanjang sekitar 821 kilometer dan puluhan titik jembatan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman (PU-CKPP) Suyanto Waspotondo mengatakan pembangunan jalan dan jembatan di wilayah Kecamatan Bangorejo saat ini ada 93 titik yang tengah dikerjakan.

BACA JUGA: Nduk Nik Desak Pemkab Banyuwangi Segera Tangani Konflik Agraria Desa Pakel

"Target ini merupakan kumulatif dari seluruh kegiatan pemeliharaan jalan, mulai betonisasi, hotmix, hingga pavingisasi," kata Yayan dalam keterangan persnya di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Menurut dia, Dinas PU CKPP setempat masih terus memacu penyelesaian pekerjaan jalan.

BACA JUGA: TNI & Polri Berkomitmen Penuh Mengamankan Pilkada Banyuasin 2024

"Selain infrastruktur jalan, tahun ini Banyuwangi juga menganggarkan pembangunan dan rehabilitasi jembatan sebanyak 26 titik dan 32 saluran drainase untuk menunjang perekonomian warga setempat," kata Yayan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengecek langsung progres pembangunan jalan salah satunya pembangunan jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Bangorejo dan Kecamatan Siliragung sepanjang 8,3 kilometer di sela melaksanakan Program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa).

BACA JUGA: Sudah 2 Balon Kada Daftar Pilkada Banyuwangi

"Kami ingin memastikan pembangunan jalan dilakukan dalam kondisi baik dan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan," kata Ipuk.

Ada empat ruas jalan yang dibangun sepanjang Jalan Poros Bangorejo-Siliragung tersebut, dan tiap ruas memiliki spesifikasinya berbeda.

Seperti Jalan Kesilir-Pedotan sepanjang 5,08 kilometer dan Jalan Bangorejo-Pedotan sepanjang 0,94 kilometer, kedua jalan tersebut dilebarkan dari 4 meter menjadi 6 meter dengan spesifikasi beton yang kemudian dilapisi hotmix.

Dua jalan lainnya yakni Jalan Pedotan-Buk Putih sepanjang 1,8 kilometer, dan Jalan Bangorejo-KB VI sepanjang 400 meter menggunakan overlay hotmix.

"Sebagian besar ruas jalan dilebarkan karena jalan ini merupakan akses utama. Selain itu jalan ini juga menjadi akses pendukung ekonomi, pendidikan, dan pertanian," ujar Bupati Ipuk. (antara/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendaftaran CPNS: Sebegini Formasi yang Disediakan Pemkab Banyumas, Semoga Banyak yang Mendaftar


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler