Pemkot Palembang Bakal Rapikan Pasar Lemabang

Selasa, 22 Oktober 2024 – 13:33 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdurrauf Damenta saat melakukan sidak di Pasar Lemabang Palembang, Selasa (22/10/2024). Foto: Diskominfo Palembang.

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan segera menata pasar Lemabang.

Hal ini diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdurrauf Damenta usai melakukan sidak di Pasar Lemabang, Selasa (22/10/2024) pagi.

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Lion Air Tujuan Bengkulu Dialihkan ke Palembang

"Pasar Lemabang akan segera ditata supaya lebih rapi, sehingga membuat para pedagang dan pembeli lebih nyaman, serta tidak menimbulkan kemacetan lalu-lintas," ungkap Ucok, Selasa (22/10/2024).

Kata Ucok, kondisi Pasar Lemabang saat ini sudah mengkhawatirkan, karena posisi pedagang yang kurang tertib.

BACA JUGA: 2 Pengendara Motor Tabrakan di Palembang, Begini Kronologinya

"Antara orang parkir dan orang yang jualan kita tidak tau, parkir jga akan kami kembalikan ke fungsinya, sesuai aspek tata ruang bahwa nanti Dishub akan menyerahkan kembali asetnya dan kami akan data lalu diserahkan ke PD Pasar," kata Ucok.

Ucok menargetkan realisasi penataan di Pasar Lemabang akan diselesaikan secepatnya dalam hitungan minggu.

BACA JUGA: KPK Diminta Pantau Pilwalkot Palembang, Ada Apa?

"Kami akan melakukan penataan secepatnya, dan kami berharap agar para pedagang mengikuti aturan pemerintah, karena ini ada perda, jadi harus diikuti supaya kota kita ini cantik," sampai Ucok.

Selain melihat kondisi Pasar Lemabang, Ucok juga mengecek harga pangan.

"Tadi kami cek harga ada kenaikan, seperti ayam yang sebelumnya Rp 34 ribu perkilogram naik menjadi Rp 36 ribu, cabai juga naik, dari yang sebelumnya Rp 28 ribu perkilogram, naik menjadi Rp 32 ribu, " kata Ucok.

Dirut PD Pasar Palembang Jaya Abdul Rizal mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan apa yang sudah diarahkan oleh Pj Wali Kota.

"Tadi Pak wali melihat di bagian pasar tumpah PKL itu harus cepat ditata, maka dalam waktu dekat kami akan mengadakan rapat khusus bagaimana mengembalikan fungsi jalan, " kata Rizal.

"Pak wali berharap di seberang pasar Lemabang tetap dipakai jalan lalu lintas biar lancar. Pedagang Insyaallah akan dipindahkan ke dalam dan depan pasar Lemabang," sambung Rizal.

Untuk melaksanakan rencana tersebut kata Rizal, nantinya akan ada tahapan sosialisasi kepada para pedagang.

"Setelah sosialisasi kemudian kami siapkan tempat, ketika tempat siap, seluruh serah terima lapangan selesai, baru kami alihkan ke lapangan parkir. Kami optimis penataan ini berlangsung lancar yang penting didukung pemerintah pasti bisa melakukanya," tutup Rizal. (mcr35/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler