Pemkot Palembang Pastikan Revitalisasi Pasar 16 Ilir Terus Berlanjut

Selasa, 06 Agustus 2024 – 17:50 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta saat meninjau Pasar 16 Ilir Palembang, Selasa (6/8/2024). Foto: Diskominfo Palembang for JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan, akan melanjutkan proses revitalisasi Pasar 16 Ilir.

Dalam waktu dekat, lapak-lapak di pinggir jalan pasar tumpah akan direlokasikan di lahan parkir di sekitar Warung Makwo (dekat JCO Dermaga Point).

BACA JUGA: Melalui Revitalisasi Terumbu Karang, Pegadaian Berupaya Mengurangi Karbon

"Revitalisasi akan berlanjut demi kenyamanan pedagang dan pembeli, " ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta seusai melakukan peninjauan di Pasar 16 Ilir, Selasa (6/8) siang.

Menurut Ucok, pemerintah tidak mengganggu pedagang. Pihaknya hanya menata kembali posisi pedagang berjualan dengan baik.

BACA JUGA: Pemkot Palembang Gelar Pasar Murah Selama Agustus 2024, Ini Jadwal dan Lokasinya

"Pemerintah melakukan pembenahan ayok kita benahi bersama agar semua nyaman," kata Ucok.

Selain itu, lanjut Ucok, berbagai aspek menjadi sorotan di Pasar 16 Ilir, mulai dari kerapian tata letak para pedagang hingga saluran air.

BACA JUGA: Tahanan Narkoba Meninggal di Rumah Sakit Khadijah Palembang

"Saluran air drainase, yang sekarang ini mengakibatkan banjir Kota Palembang yang sebagian besar ada di dalam itu (Pasar 16), semua sudah tertutup oleh lapak-lapak. Ditutup secara paksa itu tidak boleh. Dengan adanya revitalisasi saluran air itu terpaksa kami bongkar dan akan dibenahi," ucap Ucok.

Saat berkeliling area pasar, Ucok menemukan adanya gudang minyak goreng yang terletak di bawah Pasar 16 dengan kondisi yang dinilai membahayakan.

"Minyak itu kalau tersulut menimbulkan potensi bisa terbakar, kalau meledak bisa habis kita, maka dari itu saya mohon sekali para pemilik lapak komunikasi dengan kami," beber Ucok.

Direktur Utama Perumda Pasar Palembang Jaya Abdul Rizal mengungkapkan pihaknya sudah beberapa kali mengadakan rapat terkait revitalisasi dan relokasi pedagang di Pasar 16 Ilir.

"Sesuai komitmen Bapak Pj Wali Kota Palembang revitalisasi harus segera dilaksanakan. Kalau tidak dilaksanakan, pasti risikonya di pedagang sendiri, PAD, dan lain sebagainya," ungkap Rizal.

Dia mengatakan bahwa pada tahap pertama pekan depan, pihaknya akan berkomunikasi lagi dengan para pedagang dalam persiapan relokasi dan pembuatan tempat penampungan sementara (TPS).

"Jumlah petak kita itu semuanya 1.050, kemudian yang berdagang cuma 439 pedagang. Sisanya itu ada satu orang punya lebih dari satu petak. Jadi, rencana kita buat TPS itu sekitar 700 lebih di lapangan ini (parkir)," kata Rizal.

Pedagang dalam maupun pedagang kaki lima (PKL) di depan semuanya akan dipindahkan sementara di lokasi lahan parkir yang sudah disiapkan.

"Kemudian jalan di arah Kuto itu akan diaspal semua sehingga menjadi bagus dan revitalisasi tidak ada gangguan lagi. Insyaallah minggu depan sudah clear, paling tidak akhir Agustus sudah operasional," kata Rizal. (mcr35/jpnn) 


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler