Pemkot Pasang Videotron di Tepi Pantai, ini Tujuannya

Senin, 19 November 2018 – 09:40 WIB
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Pemkot memasang videotron di tiga titik tepi pantai Surabaya. Dua di antaranya di kawasan pantai Kecamatan Bulak. Papan informasi digital itu berisi pemberitahuan terkait cuaca. Dengan begitu, nelayan lebih mawas diri saat melaut. ''Memang tujuan utama videotron ini bisa dilihat nelayan secara langsung,'' ujar Staf Seksi Rel Perairan dan Udara Dishub Franki Yuanus.

Franki mengatakan, di layar berukuran 1 x 2 meter itu akan muncul informasi cuaca. Mulai suhu, potensi hujan, kecepatan angin, hingga tinggi gelombang di perairan Surabaya. ''Datanya real time dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) langsung,'' ucapnya.

Penambahan perlengkapan informasi itu sesuai dengan permintaan nelayan. Langkah tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang pernah diselenggarakan dishub dan nelayan. Dia menambahkan, pihaknya juga memberikan pengetahuan kepada nelayan soal keselamatan selama melaut. Sebab, lokasi melaut mereka juga dilalui kapal-kapal besar. Jika tidak hati-hati, bisa terjadi kecelakaan. ''Jadi biar tetap safety selama mereka bekerja,'' jelasnya.

Jumlah nelayan di Kota Pahlawan mencapai hampir 2.300 orang. Angka itu terus meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah perahu tercatat 1.428 unit. Sementara itu, hasil tangkapan mencapai 10 ribu ton. Selain videotron, sebelumnya dishub memberikan bantuan alat keselamatan kepada nelayan berupa life jacket dan senter. (gal/c15/dio) 

BACA JUGA: Penjelasan Prasetyo soal Iklan Jokowi-Maruf di Videotron

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dihantam Ombak, 2 Nelayan Hilang di Perairan Pandeglang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler