Pemprov DKI Bantu Pendirian Layanan Bank Wakaf Mikro, Diresmikan oleh Wapres

Sabtu, 26 Maret 2022 – 15:49 WIB
Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy dan Direktur Laznas Hery Gunardi saat peresmian Bank Wakaf Mikro Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan (BWM PKP) di Kelapa Dua Wetan, Jakarta Timur. Foto: dokumentasi Bank DKI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Bank DKI memberikan dukungan terhadap pendirian Bank Wakaf Mikro Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan (BWM PKP).

Peresmian BWM PKP dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di Kelapa Dua Wetan, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Pertanyakan Vaksin Booster Halal, Aliansi Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Istana

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut BWM PKP merupakan bank wakaf mikro pertama di Jakarta yang didukung oleh pemprov melalui Bank DKI dan telah mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Semoga kehadiran Bank DKI ini dapat menjadi mitra strategis Bank Wakaf Mikro dalam membangun wirausaha baru di lingkungan pondok karya pembangunan melalui fasilitas pembiayaan dan produk perbankan digital," kata Riza dalam keterangannya, dikutip Sabtu (26/3).

BACA JUGA: Puskesmas Beri Minyak Goreng Gratis saat Vaksinasi, Wagub Bilang Begini

BWM PKP dibentuk guna menyediakan akses permodalan bagi masyarakat dengan ekonomi bawah dan kelompok usaha di sekitar pesantren yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan bentuk dukungan lembaganya meliputi modal pendirian, modal kerja, dan operasional BWM PKP.

BACA JUGA: PSI Sebut Hasil Kerja Anies Hanya Kosmetik, Wagub DKI Lemparkan Tantangan

Kehadiran Bank DKI di Pondok Karya Pembangunan diharapkan dapat mendukung pengelolaan keuangan syariah.

"Kehadiran Bank Wakaf Mikro ini diharapkan juga dapat mendorong inklusi keuangan syariah bagi komunitas," ujarnya.

Fidri menyampaikan Bank DKI juga siap mendorong digitalisasi serta seluruh ekosistem di pondok pesantren melalui berbagai produk perbankan digital yang disediakan oleh pihaknya.

“Ke depan dengan menggunakan layanan perbankan digital Bank DKI, BWM serta anggota dapat menikmati kemudahan bertransaksi di berbagai ekosistem yang telah dibangun oleh Bank DKI,” jelas Fidri.

Bank DKI memiliki beragam produk digital seperti e-Form Micro Finance, JakOne Abank, e-Order, dan scan to pay QRIS yang dapat menunjang pengembangan UMKM anggota BWM PKP mulai dari pembiayaan hingga kemudahan bertransaksi.

Anggota Bank Wakaf Mikro dapat memanfaatkan produk Kartu Debit Combo sebagai kartu anggota yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi di merchant dengan EDC GPN, Transjakarta, Vending Machine, Ancol, dan tol.

Di sisi fasilitas pembiayaan, Bank DKI melakukan digitalisasi dengan menghadirkan pembiayaan yang didukung dengan digitalisasi layanan seperti e-Form Micro Finance sebagai layanan pengajuan permohonan Pembiayaan Mikro Bank DKI secara online.

“Sinergi Bank DKI dan pemerintah dalam program BWM ini diharapkan dapat menjadi solusi yang berkelanjutan dalam mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan ekonomi,” kata Fidri. (mcr4/fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Pasar Murah di Jakarta Jelang Ramadan, Simak Lokasinya!


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler