Pemuda dan Perempuan Ganjar Melatih Ibu-Ibu Membuat Keripik Singkong

Jumat, 23 Juni 2023 – 16:40 WIB
Pelatihan membuat keripik singkong yang diadakan sukarelawan Ganjar di Gowa. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, GOWA - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gerakan Pemuda dan Gerakan Perempuan Gowa memberikan pelatihan membuat keripik singkong kepada sejumlah ibu-ibu.

Pelatihan itu diadakan di Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Jumat (23/6).

BACA JUGA: Gerakan Pemuda dan Perempuan Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Suvenir di Gowa

“Kami ingin para ibu-ibu dan masyarakat di sini memberikan nilai ekonomis, dengan bahan yang mudah didapatkan yaitu singkong atau biasa kami sebut ubi kayu,” tutur Ketua Gerakan Pemuda Gowa, Daeng Bella dalam siaran persnya.

Dia menyebut dalam pelatihan kali ini para peserta diajarkan mengolah hingga tahap pengemasan agar layak dijual di pasaran.

BACA JUGA: Pendukung Ganjar Adakan Penyuluhan dan Bagikan Bibit Untuk Petani di Gowa

“Ini baru tahap awal. Para peserta diajarkan mulai dari mengupas, menggoreng, memberikan bumbu, sampai tahap pengemasan supaya lebih menarik para konsumen,” ungkapnya.

Dia juga mengaku ke depannya akan terus memberikan pendampingan kepada para peserta secara berkala agar pelatihan pembuatan keripik singkong dapat menghasilkan nilai ekonomi.

BACA JUGA: Pemuda dan Perempuan Ganjar Adakan Pelatihan Tari di Gowa

“Pelatihan akan berkesinambungan. Kami akan mengedukasi masyarakat utamanya ibu-ibu bagaimana cara memasarkan atau marketing produk kepada konsumen supaya lebih menarik dan dilirik,” tambahnya.

Sementara, salah satu peserta Nining mengaku senang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan pembuatan keripik singkong. Sebab, menurutnya pelatihan ini baru kali pertama didapatnya.

“Ini pengalaman pertama dan sangat perlu untuk diadakan bagi kami di desa. Kapan lagi bisa ikut kegiatan bermanfaat semacam ini, menjadikan peluang bisnis juga,” kata Nining.

Seusai mengikut pelatihan, Nining mengungkapkan keinginannya untuk membuka usaha keripik singkong untuk membantu perekonomian keluarganya.

“Kalau saya, setelah ini tentu jadi tertarik bisnis usaha keripik singkong. Untuk dibuat sendiri juga bisa, karena anak-anak dan keluarga di rumah suka,” pungkasnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Bantu Masyarakat di Gowa


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler