Pemuda Muhammadiyah Desak Jokowi Terapkan Operasi Militer, Serius!

Minggu, 29 Maret 2020 – 19:04 WIB
PP Pemuda Muhammadiyah usul Presiden Jokowi menerapkan operasi militer selain perang untuk menghadapi wabah virus corona COVID-19. Ilustrasi TNI. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah mendesak Presiden Jokowi segera mengambil kebijakan strategis menghadapi ganasnya virus corona (Covid-19), yakni dengan memberlakukan operasi militer selain perang.

Hal ini disampaikan Ketua bidang Hukum dan HAM PP Pemuda Muhammadiyah, Razikin, mengingat jumlah korban terinfeksi Covid-19 mengalami peningkatan tajam setiap harinya.

BACA JUGA: Informasi Penting dari BKN untuk Seluruh PNS, Tinggal Tunggu SE

"Memang, skenario pemotongan rantai penyebaran dan penanganan korban terus diupayakan oleh pemerintah. Namun belum ada tanda-tanda wabah ini akan berakhir," kata Razikin dalam keterangannya, Minggu (29/3).

Dia memandang wabah covid-19 harus diposisikan sebagai ancaman terhadap pertahanan negara yang bersifat nir-militer. Wabah ini sudah mengalami metamorfosa dan sulit dikenali serta sulit dikendalikan.

BACA JUGA: Fahri Hamzah Kritik Pak Jokowi: Jangan Tampak Bingung dan Ragu

"Ini merupakan ancaman nyata dan menghantui keselamatan penduduk Indonesia. Dalam konteks itu, Pemerintah bisa memberlakukan operasi militer selain perang," kata Razikin, Minggu (29/3).

Dia menambahkan, TNI memiliki kewajiban dalam membantu instansi lain baik di tingkat pusat maupun daerah melalui skenario Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

BACA JUGA: Update Corona 29 Maret 2020, Data per Provinsi, Oh Ibu Kota

Ketentuan tersebut secara legal tercantum dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler