Pemudik Roda Dua Ditaksir Capai 3 Juta

Kamis, 27 Juni 2013 – 17:40 WIB
JAKARTA-- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyediakan anggaran sebesar Rp127,1 miliar untuk mengalihkan pemudik kendaraan bermotor pada lebaran tahun ini dengan menggunakan kapal laut, kereta,  dan truk.  Menurut Menhub EE Mangindaan, hal ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan.

"Dengan rincian Rp28 miliar untuk darat, Rp 30,3 miliar untuk laut dan Rp 68,8 miliar untuk kereta api. Tapi anggaran tersebut masih dalam proses pembahasan di DPR," ungkap Menhub EE Mangindaan di Jakarta, Kamis (27/6).

Ia mengatakan, jumlah pemudik bermotor kali ini diprediksi akan meningkat sebanyak 8,15 persen. Jika pada 2012 jumlah pemudik bermotor ada 2,7 juta kendaraan, maka pada tahun ini jumlahnya akan meningkat menjadi 3,02 juta kendaraan.

"Kami berusaha atasi (lonjakan pemudik bermotor) ini agar bisa dialihkan. Saat ini kami sementara menyiapkan sejumlah armada kapal, truk, dan kereta yang akan mengangkut para pemudik tersebut.

Khusus untuk kapal laut, pemudik bermotor akan diangkut dengan armada TNI KRI Banda Aceh, kapal milik Pelni, dan kapal perintis," katanya.

Mangindaan menambahkan, berdasarkan data dari Polda di seluruh Indonesia, jumlah kecelakaan kendaraan pada musim mudik lebaran tahun lalu sangat tinggi.

"Angka kecelakaan pada mudik 2012 tercatat ada 908 orang meninggal dunia, 1505 luka berat, dan 5139 luka ringan. Semuanya terjadi pada angkutan darat, utamanya pada pemudik bermotor," pungkas eks Gubernur Sulut ini. (ian/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fraksi PPP Sarankan SBY Minta Maaf ke Jamaah Haji

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler