Penambahan Baru Armada Meratus Tingkatkan Kapasitas Pengiriman Internasional

Senin, 12 Agustus 2024 – 21:07 WIB
Upacara maiden call untuk MV Meratus Kaimana diadakan di Terminal OJA. Foto: Meratus

jpnn.com, JAKARTA - Meratus menambahkan MV Meratus Kaimana, kapal kontainer baru dengan kapasitas 693 TEUs, ke dalam armada yang terus berkembang.

Keberadan kapal ini sebagai bagian dari komitmen korporat memperkuat kapasitas armada dan meningkatkan operasi pengiriman internasional.

BACA JUGA: Meratus Perkuat Posisi Sebagai Pemimpin Industri Pelayaran dan Logistik

"Kapal ini merupakan yang ketiga dari delapan kapal yang didatangkan, yang bertujuan untuk memperkuat layanan logistik di seluruh Indonesia," kata Keith Choo, Chief Trade International Officer Meratus dalam keterangannya, Senin (12/8).

Setelah menyelesaikan pelayaran perdananya dari Nansha, China, MV Meratus Kaimana akan didedikasikan untuk Rute Internasional PNG Express.

BACA JUGA: Meratus Expedition 2022 Diklaim Menawarkan Banyak Tantangan, Seru!

Kapal ini akan melayani pelabuhan-pelabuhan utama seperti Jakarta, Surabaya, Dili, Motukea, Lae, dan kembali ke Jakarta.

Investasi strategis ini merupakan bagian dari program pembaruan armada Meratus yang komprehensif, yang dirancang untuk memastikan keandalan dan keunggulan operasional kapal-kapal kontainer kami.

BACA JUGA: KM Meratus Bawa 78 Kontainer Bantuan

Akuisisi ini menegaskan komitmen Meratus untuk menyediakan layanan pengiriman yang efisien dan memenuhi harapan pelanggan dengan aset berkinerja tinggi.

Upacara maiden call untuk MV Meratus Kaimana diadakan di Terminal OJA, sebuah fasilitas yang kini berada di bawah Meratus Group setelah akuisisi sukses PT ICTSI Jasa Prima pada Februari lalu.

Acara yang diselenggarakan Senin, 12 Agustus 2024, ini ini dihadiri oleh jajaran direksi Meratus dan Guna Mulyana, Direktur Utama PT IPC Terminal Petikemas, beserta timnya.

Keith Choo menekankan bahwa pengenalan MV Meratus Kaimana adalah bagian integral dari strategi peremajaan armada Meratus yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas pengiriman internasional perusahaan.

Langkah ini diperlukan untuk merespons peningkatan permintaan pengiriman dan mengatasi tantangan, seperti kemacetan pelabuhan dan jadwal pengiriman internasional yang ketat.

"Dengan terus berinvestasi pada aset dan solusi pengiriman khusus, Meratus akan memperkuat posisinya di pasar pengiriman internasional, khususnya di Asia," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama IPC TPK Guna Mulyana menyampaikan bahwa dari sisi terminal IPC TPK akan memastikan kesiapan alat dan perencanaan dalam memberikan layanan bongkar muat yang efisien.

"Optimalisasi layanan layanan bongkar muat IPC TPK akan mendorong efisiensi energi di sisi terminal," kata dia.

Armada baru Meratus dilengkapi dengan inovasi terbaru yang dirancang khusus untuk meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu bongkar muat selama kapal berada di pelabuhan, sehingga meminimalkan waktu tunggu. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler