Penanganan Asma yang Tepat Bisa Cegah Kecemasan Anak

Jumat, 04 Juli 2014 – 14:26 WIB

jpnn.com - ASMA adalah penyakit paru-paru kronis jangka panjang yang mempersempit saluran udara. Asma menyebabkan periode berulang berupa mengi (suara siulan bila anda bernafas), sesak dada, sesak napas, dan batuk. Batuk sering terjadi pada malam hari atau pagi-pagi.

Asma dapat menyerang orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering dimulai pada masa kanak-kanak. Di Amerika Serikat, lebih dari 22 juta orang diketahui memiliki asma. Hampir 6 juta orang-orang ini adalah anak-anak.

BACA JUGA: Cegah Rambut Rontok dengan Asparagus

Namun kini sebuah studi terbaru menemukan bahwa anak-anak penderita asthma juga tidak akan mengalami gangguan kecemasan jika penyakit mereka tersebut ditangani dengan baik.

"Penelitian sebelumnya menemukan bahwa anak yang mengidap asma rentan terhadap serangan gangguan kecemasan, depresi dan sering merasa rendah diri, tapi hal itu tidak kami temukan dalam penelitian kami ini," kata pemimpin studi, Profesor Paul Brand, seperti dilansir dari laman Fox News, Jumat (3/7).

BACA JUGA: Pijat Relaksasi ala Jepang

"Sudah umum diketahui bahwa jika anda dapat menangani penyakit anda dengan baik, walaupun sifatnya kronis maka hal itu tidak akan memberikan dampak psikologis bagi diri anda," imbuh Dr. Andrew Ting.

Jika anda ingin mengontrol asma anak anda maka diperlukan kerjasama antara anda dengan si anak dalam masalah penggunaan inhaler yang diketahui sebagai obat bagi penderita asma.

BACA JUGA: Tetap Lancar Puasa meski Sakit

Dengan penggunaan obat yang tepat serta kontrol yang baik, maka anak-anak juga bisa bermain, olahraga dan kegiatan lainnya tanpa takut akan munculnya gangguan kecemasan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Vaginismus Ganggu Rumah Tangga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler