Penataan Kawasan Wisata Songgoriti

Minggu, 04 April 2010 – 07:59 WIB
Kawasan Batu dan Songgoriti. Foto: Flickr/Arif W.
BATU - Pemkot Batu, berupaya keras mengembangkan sektor wisata menjadi andalan PAD kota iniSelain kawasan alun-alun, yang bakal dibangun layaknya taman-taman di Singapura, kawasan wisata Songgoriti juga bisa ditata lebih baik

BACA JUGA: Bandara Baru untuk Kalbar

Penataan tersebut sekaligus untuk menjawab tingkat kunjungan wisata, yang kian meningkat setiap tahunnya.

Menurut Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Songgoriti merupakan salah satu ikon Kota BatuMalahan kawasan wisata tersebut, jauh lebih dikenal sebelum objek-objek lain bermunculan di kota apel iniHanya saja, kawasan wisata sebagai pendahulu itu, tidak memiliki perkembangan yang sangat bagus dan terkesan kalah dengan objek wisata lain.

"Atas dasar itu
Kami ingin mengembangkan wisata Songgoriti, agar bisa jauh lebih maju dan tingkat kunjungan wisatawan meningkat tajamItu karena Songgoriti, merupakan kawasan yang lebih dikenal lebih dulu dibanding kawasan lain," ungkap Edy Rumpoko kepada Malang Post.

Menurutnya, pembenahan mutlak dilakukan untuk memajukan sebuah kawasan wisataDia juga menyebut Selecta adalah kawasan wisata yang juga sangat dikenal sejak zaman penjajahan BelandaMeski begitu, Selecta juga terus berbenah demi meningkatkan kunjungan.

Menurut orang nomor satu di lingkungan Pemkot Batu, ini Pemkot memang belum memiliki maket untuk pengembangan kawasan SonggoritiNamun gambaran untuk pembangunan sudah adaPrinsipnya Songgoriti akan dibuat sebagai kawasan hotel maupun vilaRumah-rumah penduduk di kawasan itu digunakan sebagai kamar-kamarnya.

Hotel-hotel itu, harus dibangun dengan arsitektur yang bagusSelain itu fasilitas seperti air panas alam, harus dimanfaatkan secara optimalSedangkan fasilitas lain seperti jalan, trotoar, fasilitas olahraga juga harus lebih baik sehingga tamu-tamu akan lebih kerasan.

Saat ini, Pemkot masih melakukan sosialisasi dengan warga SonggoritiJika warga setempat setuju dengan konsep pengembangan yang akan dilakukan, Pemkot bisa langsung melakukan sejumlah pengembangan"Prinsipnya masyarakat sepakat untuk sama-sama mengembangkan kawasan wisataItu yang lebih penting," katanya.

Selama ini, Kota Batu semakin gencar melakukan kegiatan promosiMalahan bukan hanya Pemkot yang peduli dengan kegiatan wisata itu, tetapi juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata JatimTerbukti, mereka gencar mempromosikan Batu ke luar negeri termasuk Eropa(feb/lyo)

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler