Menyusul kota Melbourne, Sydney, dan Adelaide, kini sebuah 'cat cafe' dibuka di Brisbane. 'Cat Cafe' adalah kafe yang menyediakan aneka minuman dan makanan dan memperbolehkan konsumennya membawa kucing atau bermain dengan kucing yang sudah disediakan.

'Cat Cafe' yang pertama di Brisbane ini mungkin berbeda dengan 'cat cafe' yang sudah ada di kota-kota lain di Australia.

BACA JUGA: Puluhan Kepala Buaya Ditemukan di Kotak Pendingin di Darwin

Selain para konsumennya bisa bermain dan memanjakan kucing-kucing yang ada di dalam kafe, kafe ini juga menggalang dana untuk menyelamatkan binatang-binatang.

Uniknya kafe ini dibangun lewat dana yang dikumpulkan oleh publik, atau istilahnya 'crowdfunding'. Menurut penyelenggara lebih dari $10.000 atau hampir Rp 100.000 berhasill dikumpulkan untuk membuat kafe ini.

BACA JUGA: Tunjangan Anggota DPR Australia Kini Jadi Sorotan


Katina Balsons saat mencoba kesiapan kucing-kucing di cat cafe di Brisbane. Foto: ABC Brisbane, Terri Begley.

Berlokasi di jalan Musgrave Road, kawasan Red Hill, kafe ini memiliki interior yang berwarna-warni di tempat bermain dengan kucing-kucing.

BACA JUGA: Ada Kecenderungan Ibu Merokok Saat Hamil Miliki Anak Remaja yang Nakal

Kucing-kucing yang sudah ada di kafe ini juga bisa diadopsi warga, sebagai bagian dari kerjasama organisasi penyelamat kucing di Brisbane, Pussy Galore Cat Rescue bersama Animal Rescue Support Network.

"Kami menyebutnya sebagai tempat untuk memeluk kucing bagi para pencinta kucing," ujar Katrina Balson dari Cat Cafe Brisbane.

"Tapi ada aspek seriusnya juga, karena kafe ini menjadi bagian pelayanan untuk menyelamatkan hewan," tambahnya.

Balson juga menjelaskan keberadaan kafe ini bisa menjadi terapi kucing bagi banyak orang, misalnya para pelajar, yang tidak bisa memiliki kucing di rumah.


Seekor kucing menikmati sofa yang ada di kafe. Foto: ABC Brisbane, Terri Begley.

Kafe ini terbagi menjadi dua. Ruangan yang berwarna-warni menjadi tempat untuk bermain dan bercengkrama dengan kucing-kucing.

Ruangan lainnya adalah tempat khusus dimana makanan dan minuman disajikan.

Tidak seperti di Jepang, Australia memiliki peraturan soal penyajian makanan di cat cafe. Di Australia, makanan tidak bisa disajikan saat konsumen sedang bersama kucing.

"Tapi konsumen tetap bisa menikmati minuman saat bermain dengan kucing," jelas Balson.


Ada perbedaan aturan soal cat cafe di Australia dan Jepang. Foto: ABC Brisbane, Terri Begley.

Seperti 'cat cafe' di kota-kota lain di Australia, konsumen bisa bermain-main dengan kucing, selama satu jam tanpa dikenakan biaya tambahan.

'Cat Cafe' di Brisbane akan dibuka untuk umum pada hari Sabtu, 8 Agustus mendatang.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Australia Kini Miliki Program Khusus Bagi Ibu Menyusui yang Bekerja

Berita Terkait