Pendaftaran CPNS 2018 Hanya untuk Usia di Bawah 35 Tahun

Sabtu, 07 Juli 2018 – 05:31 WIB
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, GARUT - Pemerintah pusat belum juga menetapkan formasi dan jadwal pendaftaran CPNS 2018.

Pemkab Garut masih menunggu penetapan kuota CPNS dari pemerintah pusat yang rencananya akan diumumkan Juli ini.

BACA JUGA: Rekrutmen CPNS 2018: KemenPAN-RB Imbau Masyarakat Hati-hati

“Pelaksanaan katanya bulan sekarang, tapi sampai saat ini kuota untuk Garut belum ada,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan, Jumat (6/7).

Menurutnya, Pemkab Garut sudah mengusulkan kuota CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Jumlah usulan tersebut yakni 2 ribuan. “Usulan sudah diberikan, sekarang tinggal menunggu kuota yang diberikan pusat,” paparnya.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2018 Kapan sih?

Dia menerangkan Kabupaten Garut sangat kekurangan banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan. “Kedua bidang ini banyak dibutuhkan, kita akan upayakan dua formasi ini diberi kuota,” terangnya.

Penerimaan CPNS tahun ini, kata dia, merupakan jalur umum, dimana seluruh masyarakat maupun pekerja honorer dan TKK yang umurnya di bawah 35 tahun bisa mengikuti seleksi penerimaan CPNS. “Jadi yang usianya di atas 35 dipastikan tidak bisa ikut,” paparnya.

BACA JUGA: Siap – siap ya, Pendaftaran CPNS 2018 Segera Dibuka

Mengenai honorer atau TKK yang usianya di atas itu, Rudy menjelaskan pihaknya akan mengupayakan mengangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). “Kami masih terus komunikasi dengan pusat terkait pengangkatan ini,” ungkapnya.

BACA JUGA: Siap – siap ya, Pendaftaran CPNS 2018 Segera Dibuka

Terpisah, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Garut H Alit Suherman mengatakan pengangkatan CPNS di Kabupaten Garut sangat diperlukan, sebab masih kekurangan PNS. “Sangat perlu sekali adanya pengangkatan PNS, khususnya bagi tenaga pendidikan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya terus mendorong supaya Kabupaten Garut mendapatkan kuota CPNS sesuai yang diajukan. “Sekarang katanya dibuka 120 ribu orang untuk seluruh Indonesia, mudah-mudahan Garut dapat kuota banyak,” pungkasnya. (yna)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendaftaran CPNS 2018: Tiga Masalah Jangan Terulang


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler