Pendaftaran CPNS 2023, Ini Peluang Lulusan SMA, Lowongan 400 Calon Intelijen

Selasa, 28 Maret 2023 – 08:07 WIB
Mahasiswa calon intelijen. Foto: tangkapan layar YouTube/stin.ac.id

jpnn.com - JAKARTA – Pendaftaran CPNS 2023 jalur sekolah kedinasan dibuka 1 hingga 30 April 2023 melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), yakni sscasn.bkn.go.id.

“Masyarakat yang tertarik menjadi Aparatur Sipil Negara melalui sekolah kedinasan bisa mulai mendaftarkan diri sejak tanggal 1 hingga 30 April 2023,” demikian dikutip dari situs resmi KemenPAN-RB.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2023 Mulai 1 April, 7 Instansi, Sekolah Kedinasan Kemenkeu Ribuan Formasi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut jumlah formasi CPNS 2023 jalur sekolah kedinasan sebanyak 4.138 calon taruna, praja, dan mahasiswa.

Jumlah formasi tersebut disediakan oleh tujuh instansi yang menaungi sekolah kedinasan.

BACA JUGA: Seleksi CPNS 2023 Segera Dibuka, Peluang Besar Bagi Lulusan SMA Sederajat

Salah satu instansi yang membuka formasi yakni Badan Intelijen Negara (BIN) yang menaungi Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Tahun ini STIN menyediakan 400 kursi bagi calon intelijen yang nantinya berstatus CPNS.

BACA JUGA: Seleksi CPNS 2023, Ada Formasi dengan Tunjangan & Fasilitas Menggiurkan, Bukan Kemenkeu

Sudah pasti ini menjadi peluang bagi para calon pelamar CPNS 2023 yang berijazah SMA/sederajat.

STIN Perguruan Tinggi Intelijen Bertaraf Internasional

STIN punya visi menjadi perguruan tinggi intelijen bertaraf internasional (world class inteligence college) yang mempunyai keunggulan dan kewibawaan dalam mendukung terwujudnya keamanan nasional pada tahun 2045.

Adapun misi STIN, dikutip dari situs resmi STIN, yakni:

1. Mengelola institusi sesuai prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan tinggi yang baik dan berpedoman pada prinsip-prinsip keintelijenan (good and clean intelligence university governance).

2. Menyelenggarakan kerja sama, kemitraan, dan aliansi sesuai dengan perkembangan dan tantangan dunia intelijen di tingkat nasional, regional, dan global untuk menghasilkan pengembangan ilmu dan teknologi intelijen.

3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan intelijen yang unggul dan bertaraf internasional di bidang akademik dan non akademik dan berorientasi pada keunggulan, kejujuran, dan kewibawaan akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, HAM, demokrasi serta supremasi hukum

4. Menyiapkan dan melahirkan insan-insan intelijen yang memiliki postur ideal dan berorientasi pada arus utama institusi guna berperan aktif dalam mewujudkan kepentingan dan keamanan nasional.

5. Mewujudkan infrastruktur dan suprastruktur penunjang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan teknologi intelijen yang unggul dan bertaraf internasional.

6. Mengembangkan gagasan kreatif, menciptakan inovasi, dan kebaruan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan teknologi intelijen yang berfokus pada arus utama institusi intelijen.

Program Studi yang tersedia di STIN untuk Strata 1 (S1), yakni Jurusan Agen Intelijen, Jurusan Teknologi Intelijen, Jurusan Cyber Intelijen, Jurusan Ekonomi Intelijen.

MenPAN-RB Azwar Anas mengimbau masyarakat yang ingin mengikuti seleksi ini agar mempersiapkan diri.

“Masyarakat agar menyiapkan diri dan dokumen yang diperlukan dalam seleksi sekolah kedinasan ini,” ujar Menteri Anas, Senin (27/3).

Dia juga memastikan seleksi CPNS jalur sekolah kedinasan ini bersifat transparan dan objektif sesuai dengan kemampuan pelamar saat melakukan tes.

“Kami tegaskan bahwa tidak akan ada calo, atau bentuk kecurangan lainnya. Sebab sistem yang sudah kami bangun sangat transparan, bahkan nilainya bisa dilihat secara real-time.”

“Jadi jangan percaya kalau ada yang menjanjikan bisa memasukkan ke sekolah-sekolah kedinasan,” imbuh Menteri Anas. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler