Pendaftaran CPNS 2024 di Portal SSCASN BKN Tidak Serentak, Pelamar Harap Maklum

Senin, 19 Agustus 2024 – 21:19 WIB
Tampilan porta SSCASN BKN siang ini. Foto: tangkapan layar laman SSCASN

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2024 di portal SSCASN BKN dibuka Selasa (20/8)  pukul 17.08.45 WIB. 

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Purtanto mengimbau kepada para pelamar untuk tidak tergopoh-gopoh mendaftar di hari pertama. 

BACA JUGA: Inilah KepmenPANRB 344: Aturan Pelamar CPNS 2024 pakai Nilai SKD 2023

"Para pelamar tenang saja, pendaftaran CPNS 2024 dibuka dari 20 Agustus sampai 6 September," kata Haryomo di Jakarta, Senin (19/8). 

Jadwal pendaftaran yang panjang ini dimaksudkan agar para. pelamar bisa melihat dahulu formasi mana yang cocok dengannya. Pelamar juga bisa melihat perkiraan gaji yang akan diterima jika lulus seleksi. 

BACA JUGA: Besok Pendaftaran CPNS, Seleksi PPPK 2024 Digelar Oktober? KemenPANRB Bilang Begini

"Informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan atau gaji akan tersedia di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi, " terang Haryomo. 

Untuk daftar lowongan kuota formasi per-instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga /Daerah) akan diumumkan oleh masing-masing instansi secara bertahap dan dapat dicek pada menu pencarian informasi secara berkala. 

BACA JUGA: Info Penting bagi PPPK Ikut Mendaftar CPNS 2024, soal Tenggat Waktu Persetujuan PPK

Jadi, kata Haryomo, selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga bisa melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN. 

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS Tahun 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah. 

Terkait proses pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini sendiri Haryomo menyebutkan secara keseluruhan proses rekrutmen CPNS  akan melibatkan sejumlah instansi yang tergabung di Panselnas.

Mulai dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur seperti akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI) Kominfo, monitoring keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), monitoring teknologi infrastruktur dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Mengingat salah satu syarat yang dapat mendaftar menjadi CPNS adalah Warga Negara Indonesia, maka BKN melakukan interoperabilitas data calon pelamar dengan data kependudukan yang dikelola Dukcapil Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab atas data kependudukan.

Tujuannya agar data pelamar melalui portal SSCASN dapat terverifikasi secara sistem sesuai data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri.

Sebelum memulai pendaftaran,. lanjut Haryomo, para pelamar CPNS 2024 diminta untuk membaca detail pesyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya.

 Pelamar juga diharapkan membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar. 

Terakhir, setelah melakukan pendaftaran hingga submit seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan administrasi instansi, pelamar diimbau agar segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir untuk menghindari jika terjadi kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
CPNS   Pendaftaran Cpns   SSCASN   BKN  

Terpopuler