Pendaftaran CPNS 2024 Dimulai Bulan Ini, 8 Instansi Buka 3.445 Formasi, PPPK? 

Jumat, 03 Mei 2024 – 16:36 WIB
Pendaftaran CPNS 2024 Dimulai Bulan Ini, 8 Instansi Buka 3.445 Formasi. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan pendaftaran CPNS 2024 dimulai bulan ini. 

Pendaftaran CPNS yang dibuka adalah jalur sekolah ikatan dinas. Tercatat 8 instansi yang jadi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi. 

BACA JUGA: Menteri Anas Umumkan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK, Penting!

"Pemerintah segera memulai tahapan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), baik untuk CPNS di lingkungan sekolah kedinasan maupun CASN secara umum di berbagai kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda), " kata Menteri Anas di Jakarta, Jumat (3/5). 

Dia menambahkan tahun ini KemenPAN-RB menetapkan persetujuan formasi pada 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi.

BACA JUGA: 3 Kabar Terbaru Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK, Terakhir Bikin Heran

Sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara.

Lalu, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

BACA JUGA: Info Terbaru Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK dari Menteri Anas, Penting!

Lebih lanjut dikatakan sekolah kedinasan yang diberikan alokasi dengan mempertimbangkan tantangan zaman. Misalnya, di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim. 

Juga di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi tak terelakkan, sehingga butuh talenta misalnya terkait cyber security. 

“Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi,” ucapnya. 

Menteri Anas menambahkan selain CPNS melalui sekolah kedinasan, pemerintah juga akan membuka rekrutmen CPNS jalur umum dan PPPK di seluruh Indonesia. 

Dia mengungkapkan rencananya pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 dibuka Juni mendatang. 

"Jadi, seleksi CPNS jalur sekolah kedinasan dimulai lebih dahulu baru CPNS jalur umum dan PPPK, " terangnya. 

Dia menegaskan sekolah kedinasan ini dikhususkan untuk lulusan SMA sederajat. 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah memberikan persetujuan 1,2 juta yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Jumlah tersebut bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler