Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Batal Diumumkan Akhir Maret, Ini Penyebabnya

Kamis, 01 April 2021 – 12:16 WIB
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rencana pemerintah mengumumkan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 batal dilaksanakan akhir Maret 2021.

Mengenai penyebabnya, sudah disampaikan Plt Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Katmoko Ari Sambodo dalam rapat Panja pengangkatan guru dan tenaga kependidikan honorer menjadi aparatur sipil negara (PGTKH ASN) Komisi X DPR RI pada 29 Maret 2021.

BACA JUGA: Isi Kuota Kosong 1 Juta  PPPK dengan Merekrut CPNS Guru

Dia mengungkapkan, KemenPAN-RB sudah menyelesaikan usulan formasi CPNS 2021 dan sedang dalam proses penetapan formasi oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo.

Sedangkan untuk guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) rencana formasi yang ditetapkan sebanyak 565.633 orang dari kuota 1.002.616.

BACA JUGA: Perdana, Pelindo I Ekspor Petikemas ke Port Klang Malaysia

"Itu data per 22 Maret dan masih akan terus bergerak," ujarnya.

Dijelaskan Ari, pihaknya saat ini sedang menunggu dokumen kualifikasi pendidikan para guru yang dikeluarkan Kemendikbud. 

BACA JUGA: Raffi Ahmad Bakal Ajak Siwon Super Junior Main Bola?

"Kami menunggu dokumen itu lengkap baru kemudian formasi PPPK tetapkan," ucapnya.

Mengenai jadwal pelaksanaan rekrutmen, rencananya dimulai dengan seleksi CPNS dari jalur sekolah kedinasan pada April 2021.

Di mana ada delapan sekolah kedinasan yang akan membuka lowongan. Yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada Mei atau Juni. 

Dia menjelaskan, bagi calon pelamar guru PPPK, akan diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi. Pertama direncanakan pada Agustus, kedua Oktober, dan ketiga Desember.

Setelah proses seleksi dengan computer assisted test (CAT), bagi yang lulus akan melanjutkan tahapan selanjutnya yakni pemberkasaan, hingga penetapan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). (esy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendaftaran PPPK 2021: Kabar Gembira bagi Para Calon Pelamar


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler