Penderita AIDS di Papua Terus Bertambah

Hingga Agustus 2012, Sudah 103 Dipastikan Positif

Kamis, 13 September 2012 – 02:04 WIB
JAYAPURA - Setelah menemukan 73 warga yang positif mengidap HIV-AIDS selama periode Januari-April 2012, Rumah Sakit Dian harapan (RSDH) kembali menemukan 30 pasien yang positif mengidap HIV-AIDS.
      
Menurut Koordinator VCT RSDH Waena, Agustinus Adii, OFM,  30 orang yang ditemukan positif mengidap HIV-AIDS ini merupakan pasien yang berobat di RSDH Waena sepanjang periode Juni-Agustus 2012.
     
"Tiga puluh pasien yang positif HIV-AIDS ini adalah warga atau penduduk asli Papua yang usianya berkisar 21 hingga 29 tahun dan semuanya berjenis kelamin laki-laki," jelas Agustinus Adii saat ditemui Cenderawasih Pos (JPNN Group),  Rabu (12/9).
     
Dikatakan, dari 30 orang yang ditemukan positif mengidap HIV-AIDS tersebut, dua diantaranya sudah meninggal dunia. Kedua orang tersebut meninggal dunia karena kondisinya sudah sangat parah. "Kami sudah melakukan perawatan dan memberikan obat ARV namun karena kondisinya memang sudah sangat parah, sehingga keduanya meninggal dunia," ujarnya.
    
Terkait hal ini, Agustinus Adii mengajak seluruh warga Kota Jayapura khususnya yang berdomisili di sekitar Waena agar secara sukarela memeriksakan dirinya jika merasa ada sesuatu yang mencurigakan dalam dirinya agar bisa segara diketahui. "Sehingga apabila benar terinfeksi, bisa mendapat pertolongan sedini mungkin dari petugas. Kami juga meminta kepada pasien yang positif HIV-AIDS agar tetap rajin mengkonsumsi obat yang sudah kami berikan," ucapnya.

Terkait dengan penanggulangan dan pencegahan HIV-AIDS ini, Agustinus Adii juga berharap Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kabupaten dan kota serta Provinsi Papua agar lebih gencae melakukan sosialisasi ke masyarakat. Ia juga berharap agar KPA melibatkan tokoh agama untuk memberikan ceramah agar masyarakat bisa lebih paham sehingga terhindar dari penularan penyakit ini. (ren/nat)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia Tertinggi Perokok Aktif

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler