Pendidikan Sejarah Unesa Gelar Pameran Kesejarahan, Libatkan Beberapa Museum

Senin, 22 Juli 2024 – 21:25 WIB
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar pameran kesejarahan dalam rangka peresmian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Senin (22/7). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar pameran kesejarahan dalam rangka peresmian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Senin (22/7).

Pameran bertema Menapak Masa Lalu, Menembus Ruang dan Waktu diselenggarakan oleh Pendidikan Sejarah Unesa, itu melibatkan beberapa museum.

BACA JUGA: Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Raih 46 Medali pada Kejuaraan Karate Piala Rektor UNESA 2023

Di antaranya adalah Laboratorium Rumah Sejarah Unesa, museum Dr. Soetomo, museum H.O.S. Tjokroaminoto, museum Pendidikan, museum W.R. Soepratman, museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian UNAIR, Prodi S1 Sejarah Peradaban Islam UINSA Surabaya.

Perjalanan sejarah peradaban manusia penting dipahami sesuai dengan konteks masa lalu dan masa kini, baik secara individual maupun kolektif.

BACA JUGA: UNESA & BPIP Berkolaborasi, Dukung Kebijakan Membumikan Pancasila di Generasi Milenial

“Salah satu untuk mempelajarainya bisa melalui museum yang menyimpan memori kolektif bangsa. Oleh karena itu, pameran ini kami harapkan bisa memberikan sumbangsih terhadap kemajuan pendidikan sejarah secara edukatif,” kata Izzatul Fajriyah selaku penanggung jawab pameran.

Sejalan dengan itu, M.T. Agus yang juga merupakan kurator museum dan gedung seni kota Surabaya juga menyampaikan pentingnya pengenalan sejarah bangsa sejak dini dalam pameran kesejarahan tersebut.

BACA JUGA: Berkunjung ke Unesa, Menpora Zainudin Amali Berikan Tugas dan Kuis Seputar Kebugaran Tubuh

"Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang lebih sadar, kritis, dan berpengetahuan, yang siap untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan. Maka dari itu, museum mengajak kembali anak muda untuk mencintai museum dan sejarah melalui program museum goes to campus,” tuturnya.

Pameran ini secara resmi dibuka Dekan Fisipol Unesa Wiwik Sri Utami dan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 23-24 Juli 2024 di Gedung I6 Srikandi, Fisipol, Unesa. (dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler