Penelope Cruz Kecam Israel, Jon Voight Murka

Senin, 04 Agustus 2014 – 13:15 WIB
Penelope Cruz Kecam Israel. Getty Images

jpnn.com - KETEGANGAN antara Israel  dan Palestina di Jalur Gaza ikut berimbas pada hubungan pertemanan selebritis dunia. Aktor senior Jon Voight murka lantaran pasangan selebritis Amerika keturunan Spanyol, Penelope Cruz dan Javier Bardem menyatakan kecamannya atas serangan militer Israel yang menewaskan ribuan warga sipil Palestina.

Voight yang merupakan ayah kandung artis seksi Angelina Jolie mengecam pernyataan Cruz dan Bardem dalam surat terbuka yang dimuat Europa Press pada akhir Juli lalu. Dalam suratnya, Cruz dan Bardem serta sejumlah aktor dan sutradara asal Spanyol mendesak Israel untuk mencabut blokade di Jalur Gaza dan membuka perbatasan agar masyarakat Palestina bisa mendapatkan bantuan medis dan makanan. Mereka juga menyebut tindakan Israel di Gaza sebagai genosida.

BACA JUGA: Nadine Alexandra Mengejar Mimpi Jadi Sutradara

Keberatan Voight atas pernyataan Cruz dan Bardem juga disampaikan melalui surat terbuka. Surat keberatan aktor berusia 75 tahun ini dipublikasikan The Hollywood Reporter pada Sabtu (2/8) kemarin.

Menurut Voight, pasangan Cruz dan Bardem telah mempromosikan anti Semit, sebuah paham kebencian terhadap kaum Yahudi. Saking kesalnya, aktor gaek ini bahkan menyarankan agar keduanya gantung diri saja karena telah melakukan hal yang memalukan.

BACA JUGA: Mamiek Prakoso Dikenal sebagai Pelawak yang Sopan

“Nama saya Jon Voight dan saya lebih dari marah, saya sakit hati karena orang seperti Penelope Cruz dan Javier Bardem bisa menghasut anti Semit kepada seluruh dunia dan tidak menyadari kerusakan yang telah mereka lakukan,” kata Voight dalam suratnya seperti dikutip dari laman aceshowbiz, Senin (4/8).

Aktor peraih penghargaan Golden Globe ini juga menilai Cruz dan Bardem gagal paham soal sejarah berdirinya negara Israel. Ia pun menyerukan kepada kalangan selebritis dunia yang mendukung gerakan melawan Israel untuk mengkaji lagi motif dukungannya.

BACA JUGA: Michael Johns Meninggal Karena Pembekuan Darah

“Bisakah kalian menarik lagi “api anti Semit” yang sekarang merambah seluruh dunia?” imbuh Voight.

Sementara itu putri Jon yakni Angelina Jolie tampaknya memiliki pandangan yang berbeda dengan sang ayah. Baru-baru ini Jolie menyampaikan pendapatnya terhadap situasi perang di Gaza dan menyebutnya sebagai hal yang menyedihkan.

“Jika saya tahu apa yang bisa saya lakukan atau saya katakan, untuk menghentikan konflik ini atau membantu gencatan senjata, saya akan melakukannya sekarang,” ucap istri aktor Brad Pitt ini. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mamiek Prakoso Dimakamkan di Ngawi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler