Penerapan Tarif Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Dimulai Besok, Berikut Perinciannya

Rabu, 08 September 2021 – 10:01 WIB
Tol dalam kota segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang. Foto: JTD Pratama Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Menyusul terbitnya Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada tanggal 13 Agustus, Tol Dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang akan segera dikenakan tarif.

Pelaksanaan penarikan tarif tersebut akan dimulai pada Kamis (9/9) besok.

BACA JUGA: Catat! Mulai 9 September, Masuk Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Bayar Rp19 Ribu

Adapun tarif yang dikenakan untuk pengguna jalan Golongan I (mobil penumpang) sebesar Rp19.000 untuk Tol Kelapa Gading ke Bekasi Raya.

Sementara itu, bagi pengguna tol yang mengarah ke Gerbang Tol Cakung terintegrasi dengan Tol JORR akan dikenakan tarif total sebesar Rp19.000 ditambah Rp16.000.

BACA JUGA: Detik-Detik Evakuasi Mayat Kakek Lalu di Kedalaman 30 Meter, Menegangkan!

Berikut pengenaan tarif Tol Dalam Kota Jakarta:

Golongan I Rp19.000

BACA JUGA: Cerita Abdi dan Keluarganya yang Terjebak Banjir Bandang, Sedih!

Golongan II Rp28.000

Golongan III Rp28.000

Golongan IV Rp37.500

Golongan V Rp37.500

Menurut Kepala Kantor Operasi PT JTD Jaya Pratama, G. Widiyantoro penerapan besaran tarif tersebut sudah sesuai Keputusan Menteri PUPR Nomor 1048/KPTS/M/2021.

Sebelumnya, Tol Dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulogadung telah mengikuti uji laik fungsi dan uji laik operasi dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR sejak Juli 2021.

PT Jakarta Tollroad Developmet (JTD) merupakan pemegang konsesi enam ruas Tol Dalam Kota Jakarta melalui PT JTD Jaya Pratama yang belum lama ini merampungkan pekerjaan konstruksi 100 persen untuk Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang.

Presiden Joko Widodo pada 23 Agustus lalu meresmikan enam ruas Tol Dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang.

Dengan beroperasinya enam ruas Tol Dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 km diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan alternatif kepada pengguna tol dari arah Kelapa Gading menuju Pulo Gebang, Cilincing, Cikunir, Tol Jakarta-Cikampek atau Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed melalui Tol JORR dan sebaliknya.

Selain itu, kehadiran tol itu juga dapat mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Jakarta, terutama Kelapa Gading sampai dengan Pulo Gebang.

Kemudian juga diharapkan mampu meningkatkan kecepatan distribusi logistik dan daya saing komoditas dengan menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sering Intip DL Basah-Basahan, JP Langsung Buka Celana


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler