Penerbangan Perdana Haji Tidak Serentak

Panitia Lokal Arab Saudi Meminta Calon Jamaah Waspada Cuaca Panas

Jumat, 21 September 2012 – 03:33 WIB
JAKARTA - Hampir seluruh embarkasi mulai menerbangkan calon jamaah haji menuju Madinah hari ini (21/9). Dari 13 embarkasi yang ada, hanya embarkasi Banjarmasin yang yang melaksanakan penerbangan perdana pada 25 September nanti. Belum ada keterangan resmi dari pihak Kementerian Agama (Kemenag) soal keterlambatan penerbangan di embarkasi Banjarmasin itu.

Dalam pengumuman jadwal penerbangan yang dilansir Kemenag menyebutkan jika 12 embarkasi sudah mulai mengangkut calon jamaah haji menuju madinah hari ini. Bahkan untuk embarkasi Solo, hari ini mereka menerbangkan kloter 1 hingga kloter 4 secara bertahap. Dimana setiap kloter terdapat 370 orang calon jamaah haji. Sementara untuk embarkasi Makassar, hari ini akan menerbangkan kloter 1 dan 2 secara bertahap dengan jumlah jamaah mencapai 370 orang per kloter.

Saat dihubungi kemarin, Sekjen Kemenag Bahrul Hayat tidak mau mengomentari soal keterlambatan penerbangan perdana untuk embarkasi Banjarmasin. Selebihnya, Bahrul memberikan saran kepada seluruh calon jamaah haji yang mulai berangkat hari ini.

"Seluruh calon jamaah haji, terutama yang berangkat besok (hari ini, red) dihimbau mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan fisik," katanya. Selain itu, Bahrul juga mengingatkan jika supaya seluruh calon jamaah haji memahami dan menjalankan seluruh instruksi pembimbing selama mengikuti manasik di daerah.

Seluruh calon jamaah haji juga dihimbau untuk memahami dan menjalankan seluruh instruksi perjalanan haji selama berada di tanah suci. Para jamaah haji ini juga dihimbau untuk mewaspadai orang yang tidak di kenal, sehingga tidak sampai menjadi korban kejahatan.

Pelepasan perdana calon jamaah haji secara simbolis hari ini dilakukan oleh Menag Suryadharma Ali (SDA) di bandara Soekarno Hatta. Menteri yang juga Ketua Umum PPP itu hari ini dijadwalkan melepas keberangkatan calon jamaah haji embarkasi Jakarta asal Provinsi Banten.

Untuk kondisi cuaca di tanah suci sendiri, tim Media Center Haji (MCH) Kemenag yang sudah berada di Arab Saudi melaporkan jika suhu rata-rata lumayan panas. Mereka melaporkan jika rata-rata suhu di Jeddah mencapai 35-39 derajat celcius. Sebagai perbandingan, suhu paling panas di Surabaya hanya sekitar 35-36 derajat celcius.

Mengingat cuaca yang cukup panas ini, panitia setempat meminta para jamaah selalu membawa air selama berada di luar pemondokan. Pada umumnya, jamaah haji yang kepanasan di tanah suci tidak merasa jika keringatnya bercucuran. Para jamaah tiba-tiba merasa pusing dan lemas karena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. (wan)

Data Keberangkatan Haji Perdana (21 September)

Embarkasi             Jumlah Jamaah
Banda Aceh          320 orang
Medan                   450 orang
Batam                    890 orang
Padang                  369 orang
Palembang             355 orang
Jakarta (GA)         450 orang
Jakarta (SV)         445 orang
Solo (Kloter 1,2,3,4)    370 orang (per kloter)
Surabaya               445 orang
Balikpapan             355 orang
Makassar (Kloter 1,2)    370 orang (per kloter)
Lombok                 320 orang

Catatan:
- Khusus embarkasi Banjarmasin, penerbangan perdana dimulai 25 September sebanyak 320 jamaah

Sumber: Kemenag
BACA ARTIKEL LAINNYA... Abraham Samad: Ada Mafia Impor Daging

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler