Pengacara Sandingkan SYL dengan Umar Bin Khattab

Selasa, 09 Juli 2024 – 18:17 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menunggu sidang pembacaan nota pembelaan (pleidoi) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat (5/7/2024). Foto: Agatha Olivia Victoria/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Penasihat hukum Syahrul Yasin Limpo (SYL) membandingkan kliennya dengan sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab.

Hal itu disampaikan penasihat hukum SYL, Djamal Koedoeboen menanggapi pernyataan jaksa penuntut umum (JPU).

BACA JUGA: Bacakan Eksepsi, Pengacara Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur, Minta Kliennya Dibebaskan

"Majelis Hakim Yang Mulia, persidangan yang kami muliakan, bahwa tanpa mengurangi rasa hormat, izinkan kami menanggapi pantun jaksa penuntut umum pada halaman dua yang menyatakan sebagai berikut," kata Koedoeboen.

"Kota Kupang Kota Balikpapan. Sungguh indah dan menawan. Katanya pejuang dan pahlawan. Dengar tuntutan nangis sesegukan," tambah Koedoeboen.

BACA JUGA: Anggap Dakwaan Tidak Terbukti, Kuasa Hukum Minta Hakim Bebaskan Dadan Tri Yudianto

Penasihat hukum menyampaikan air mata yang keluar dari kesedihan adalah sebuah dialog seorang hamba yang telah tiba pada kesadaran tentang kecilnya diri dan hanya pada Tuhan semata, segala kebesaran dan kekuatan itu.

"Lalu mengapa kita harus berhenti mengeluarkan air mata jika itu adalah kesempatan terbaik unttuk menyentuh jiwa dan nurani kita," kata Koedoeboen.

BACA JUGA: Ajukan Eksepsi, Pengacara Dadan Tri Sebut Dakwaan Jaksa KPK Membingungkan

Bahkan tokoh besar seperti Umar bin Khattab yang iblis pun takut padanya, tak segan segan menangis bercucuran air mata.

Koedoeboen mengatakan ekspresi yang ditunjukkan kliennya tanpa rekayasa karena merasa dizalimi lewat dakwaan penuntut umum.

"Serta tidak terharu atas terharu atas tangis keluarga, tangis ibu terdakwa, dan pengunjung sidang bahkan kami penasihat hukum terdakwa, maka perlu dipertanyakan tentang nurani kita semua," kata Koedoeboen. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kasus Emirsyah Satar, Mantan Ketua Komjak Sebut Dakwaan Jaksa Kabur


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
SYL   umar bin khattab   dakwaan   Jaksa  

Terpopuler