Pengakuan Eko Kuntadhi soal Perlakuan dari Keluarga Ning Imaz di Pesantren Lirboyo: Alhamdulillah

Jumat, 16 September 2022 – 10:02 WIB
Kunjungan Eko Kuntadhi (kanan) ke Pesantren Lirboyo untuk meminta maaf atas cemoohannya terhadap Ning Imaz. (Foto: NU Online)

jpnn.com, KEDIRI - Eko Kuntadhi memberi pengakuan soal perlakuan baik dari Ustazah Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz dan keluarga saat mendatangi Pondok Pesantren Lirboyo, Kamis (15/9).

Pegiat media sosial itu sengaja datang ke Pesantren Lirboyo untuk meminta maaf atas perkatannya yang tidak pantas terhadap Ning Imaz di media sosial.

BACA JUGA: Eko Kuntadhi ke Pesantren Lirboyo untuk Minta Maaf, Ning Imaz Berkata Begini

Kuntadhi datang ke Pesantren Lirboyo ditemani tokoh muda NU Guntur Romli. Pertemuan itu itu berlangsung sekitar satu jam.

"Kehadiran saya ke sini cuma satu. Saya merasa melakukan kesalahan. Saya salah dan saya ke sini untuk minta maaf," begitu kata Eko dikutip JPNN Jatim dari NU Online.

BACA JUGA: Tindakan Eko Kuntadhi Dinilai Penistaan Agama, Chandra: Harus Diproses Hukum

Dia pun terkesan dengan keramahan yang diberikan keluarga besar Pesantren Lirboyo meskipun dirinya datang membawa kesalahan.

"Alhamdulillah, saya di sini diterima sebagai tamu, diperlakukan dengan baik, diajak ngobrol, diapresiasi sebagaimana layaknya keluarga," tutur Eko.

BACA JUGA: Ganjar Blak-blakan soal Eko Kuntadhi Penghina Ning Imaz Sang Ustazah Pesantren Lirboyo

Mantan ketua umum Ganjarist itu berterima kasih kepada Ning Imaz dan sang suami Gus Rifqil Moeslim, para kiai, serta seluruh santri dan alumni Pesantren Lirboyo yang telah dibukakan pintu maaf.

"Saya mengimbau kepada teman-teman bahwa (kesalahan) ini menjadi pelajaran buat kita. Jempol kita, cara berpikir kita, barangkali butuh saring sebelum kita sharing (menyebar konten, red," ucap Eko.

Pertemuan Eko Kuntadhi dengan Ning Imaz dan keluarga besar Pesantren Lirboyo juga menghasilkan enam poin kesepakatan.

Kedatangan Eko saat itu diterima oleh salah satu zuriah Pondok Lirboyo KH Agus Abdul Muid Shohib atau Gus Muid. Hadir pula Ning Imaz bersama suaminya Gus Rifqil Muslim.

Kedua belah pihak menyepakati beberapa hal terkait dengan penghinaan Eko Kuntadhi kepada Ning Imaz.

Pertama, telah datang saudara Eko Kuntadhi untuk meminta maaf dan menyampaikan penyesalan atas unggahannya di Twitter dan Instagram yang berisikan cacian dan ujaran kebencian kepada salah satu zuriah Pondok Pesantren Lirboyo, Ning Imaz Fatimatuz Zahra.

BACA JUGA: Dahlan Iskan Menulis Ucapan Anang: Saya Tetap Mundur, Ini Memalukan! Ketua DPRD Tidak Hafal Pancasila

"Kedua, saudara Eko Kuntadhi mengakui kesalahan dan kekhilafannya pada unggahan tersebut, serta siap bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan," tutur Gus Muid.

Ketiga, di antara tanggung jawab itu, Eko Kuntadhi menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada Ning Imaz dan keluarga serta siap menyampaikan permintaan maafnya secara terbuka melalui media.

"Keempat, Ning Imaz atas petunjuk dari masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo telah menerima permohonan maaf Eko Kuntadhi," tutur Gus Muid.

BACA JUGA: Dahlan Iskan Menulis tentang Ning Imaz Istri Gus Rifqil yang Dihina Eko Kuntadhi

Kelima, Pondok Pesantren Lirboyo meminta Eko Kuntadhi menjadikan kasus itu sebagai pembelajaran untuk bijak dan santun dalam bermedia sosial di masa-masa mendatang.

Keenam, Ponpes Lirboyo berharap media sosial tidak dijadikan sarana untuk menyampaikan ujaran kebencian dan caci maki, tetapi justru untuk dakwah kebaikan dan menyampaikan informasi yang bermanfaat. (faz/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler